ANALISIS LEVEL PERTANYAAN PADA SOAL CERITA BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO PADA BUKU TEKS MATEMATIKA SMK/MAK KELAS X SEMESTER 1 PENERBIT ERLANGGA
Abstract
Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui persentase masing-masing level pertanyaan pada soal cerita di Buku Teks Matematika SMK/MAK Kelas X
Semester 1 terbitan Erlangga berdasarkan Taksonomi SOLO. Adapun hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan masukan oleh guru maupun penerbit buku dalam membuat dan memilih soal cerita yang sesuai dengan tingkat kognitif siswa SMK/MAK kelas X.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan level pertanyaan pada soal cerita ke dalam level pertanyaan berdasarkan Taksonomi SOLO, yang terdiri dari level pertanyaan Unistruktural, Multistruktural, Relasional, dan Abstrak Diperluas. Klasifikasi soal cerita diawali dengan cara mengumpulkan soal cerita yang terdapat pada buku teks, mencari solusi penyelesaian, dan mengklasifikasikan soal cerita. Dalam pelaksanaannya penelitian ini menggunakan instrumen pendukung berupa lembar klasifikasi yang berisi nomor pertanyaan, nomor soal, dan level pertanyaan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, karena data yang digunakan berasal dari dokumen yang sudah ada yaitu buku teks matematika SMK/MAK Kelas X terbitan Erlangga.
Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa persentase level pertanyaan pada soal cerita yang terdapat dalam buku teks matematika SMK/MAK kelas X semester 1 yang diterbitkan oleh Erlangga karangan Kasmina dan Toali berdasarkan taksonomi SOLO adalah level pertanyaan Unistruktural 0%. Level pertanyaan Multistruktural pada soal cerita adalah 19 pertanyaan atau 45,24%. Terdiri atas 11 pertanyaan atau 26,20% pada pokok bahasan I; 4 pertanyaan atau 9,52% pada pokok bahasan III; dan 4 pertanyaan atau 9,52% pada evaluasi akhir semester. Level pertanyaan Relasional pada soal cerita adalah 23 pertanyaan atau 54,76%. Terdiri atas 4 pertanyaan atau 9,52% pada pokok bahasan I; 15 pertanyaan atau 35,72% pada pokok bahasan III; dan 4 pertanyaan atau 9,52% pada evaluasi akhir semester. Level pertanyaan Abstrak Diperluas pada soal cerita adalah 0 atau 0%. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa persentase dari masing=masing level pertanyaan pada soal cerita adalah Unistruktural 0%; Multistruktural 45,24%; Relasional 54,76%; dan Abstrak Diperluas 0%.