Upaya Asosiasi dan MNC Dalam Menjadikan E-Sports Sebagai Olahraga Olimpiade
Abstract
E-Sports adalah olahraga elektronik yang mempertandingkan atlet-atletnya dalam sebuah video game. E-Sports sangat terkenal di negara China, Korea Selatan dan Amerika Serikat, terutama di kalangan para pemuda atau yang bisa disebut generasi millennial. E-Sports pertama kali muncul dibelahan dunia bagian Barat, terutama negara Amerika Serikat. Namun demikian, popularitas E-Sports menjadi sangat kuat dinegara-negara benua Asia terutama Asia Timur. Olahraga elektronik masih belum dianggap sebagai olahraga Olimpiade bagi International Olympic Committee (IOC). International Olympic Committee (IOC) adalah organisasi internasional yang memiliki wewenang tertinggi dalam rangkaian Olimpiade. International Olympic Committee (IOC) masih menganggap bahwa olahraga elektronik atau E-Sports belum sepenuhnya memenuhi persyaratan kriteria sebuah olahraga Olimpiade. Asosiasi-asosiasi dan perusahaan-perusahaan industri E-Sports berupaya agar E-Sports atau olahraga elektronik memenuhi kriteria sebuah olahraga Olimpiade.
Penulisan skripsi ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dimana data yang digunakan diambil dari pernyataan-pernyataan resmi organisasiorganisasi internasional. International Olympic Committee (IOC) menetapkan hal-hal apa saja yang perlu dipenuhi oleh sebuah olahraga untuk dapat hadir dalam rangkaian Olimpiade. Persyaratan-persyaratan kriteria tersebut dicantumkan dalam situs resmi International Olympic Committee (IOC) dan media-media internasional yang membahas terkait dunia olahraga.
Data yang digunakan juga diambil dari laporan-laporan media internasional terkait perkembangan E-Sports diseluruh dunia.