• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Hubungan Antara Aktivitas Pembelajaran Berbasis Alam dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia 3-4 Tahun di KB Khadijah Kecamatan Cluring Kabupaten BanyuwangI

    Thumbnail
    View/Open
    Thoiffatuz Zakia - 140210201014_1.pdf (1.622Mb)
    Date
    2018-11-14
    Author
    ZAKIA, Thoiffatuz
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Aktivitas pembelajaran berbasis alam merupakan kegiatan pembelajaran yang melibatkan peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran, keaktifan peserta didik akan berdampak baik bagi hasil belajarnya. Salah satu cara mengembangkan aspek kognitif pada anak usia dini adalah dengan cara melaksanakan kegiatan pembelajaran berbasis alam, dengan memanfaatkan lingkungan sekitar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adakah hubungan antara aktivitas pembelajaran berbasis alam dengan perkembangan kognitif pada anak usia 3-4 tahun di KB Khadijah Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara aktivitas pembelajaran berbasis alam dengan perkembangan kognitif anak usia 3-4 tahun di KB Khadijah Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi. Manfaat secara teoritis dalam penelitian ini yaitu penelitian ini diharapkan menjadi bahan perbandingan dan literatur bagi peneliti lain yang ingin meneliti kaitannya dengan aktivitas pembelajaran berbasis alam untuk perkembangan kognitif anak usia 3-4 tahun, sedangkan manfaat praktis yaitu hasil penelitian ini diharapkan menjadi salah satu penerapan materi yang sudah diperoleh oleh peneliti saat mengikuti perkuliahan sehingga dapat dijadikan salah satu bahan dalam pembelajaran yang berkaitan dengan perkembangan kognitif melalui aktivitas pembelajaran berbasis alam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Tempat yang dijadikan sebagai penelitian adalah KB Khadijah Banyuwangi dengan berdasarkan teknik purposive area. Teknik penentuan subyek penelitian menggunakan teknik populasi, sehingga subyek penelitiannya adalah seluruh anak usia 3-4 tahun di KB Khadijah Banyuwangi yang berjumlah 14 orang. Metode pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Hasil pengumpulan data tersebut, dibuktikan melalui pengisian lembar observasi terdiri dari 14 item pernyataan. Selanjutya dilakukan analisis data lebih lanjut degan menggunakan rumus tata jenjang yang diolah dengan SPSS (Statistical Package For The Social Science) 24.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88032
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15465]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository