dc.description.abstract | Media pembelajaran berbasis teknologi informasi (TI) sudah banyak digunakan dibeberapa sekolah di kabupaten Jember termaksud di SMAN 4 Jember, SMAN Pakusari, SMAN Rambipuji. Namun media yang digunakan disekolah tersebut masih berupa media powerpoint. Penggunaan media powerpoint tersebut masih mengalami banyak kendala yaitu LCD yang tersedia disekolah jumlahnya masih terbatas dan media powerpoint tersebut belum efektif ditunjukkan dengan hasil belajar peserta didik yang masih kurang memuaskan. Pada kurikulum 2013 pendidik dituntut untuk memanfaatkan teknologi informatika untuk proses pembelajaran.
Berdasarkan temuan data yang ada di lapangan, disimpulkan beberapa permasalahan yang dihadapi, diantaranya tersedianya fasilitas yang disediakan disekolah seperti Wifi kurang dimanfaatkan oleh pendidik dalam proses pembelajaran; 2) ketersediaan bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran masih terbatas pada buku paket; 3) bahan ajar yang digunakan peserta didik sebagai sumber dan media pembelajaran sejarah tentang teori proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaanHindu Buddha di Indonesia masih menggunakan buku paket yang disediakan sekolah yang di dalam buku tersebut materinya masih kurang lengkap; 4) kurangnya pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran sejarah. Sehingga untuk menjawab permasalahan tersebut, maka dikembangkan media e-learning menggunakan edmodo yang dapat digunakan sebagai sumber belajar sistematis untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran sejarah. Kemudian rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana hasil validasi media e- learningmenggunakan edmodo sebagai media pembelajaran sejarah kelas X SMA? (2)bagaimana efektivitas e-learning menggunakan edmodo sebagai media dalam pembelajaran sejarah kelas X SMA? | en_US |