Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Kartu Domino terhadap Hasil Belajar Siswa di SDN Tegalgede 01 Jember
Abstract
Peningkatan mutu serta kualitas pendidikan dapat dilakukan dengan mengembangkan berbagai metode pembelajaran. Penggunaan metode yang beraneka ragam serta pemanfaatan media sebaik-baiknya dapat dijadikan sebagai upaya untuk menyelesaikan permasalahan pendidikan saat ini agar hasil belajar IPA siswa meningkat secara optimal. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu metode pembelajaran kooperatif tipe TGT, dikarenakan metode pembelajaran ini dapat mengaktifkan seluruh kegiatan siswa, mengkondisikan situasi belajar yang menyenangkan karena dilakukan sambil bermain, mudah untuk diterapkan, berlaku untuk semua kelas dan semua mata pelajaran, serta dapat mempengaruhi hasil belajar siswa di kelas. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “adakah pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media kartu domino terhadap hasil belajar siswa di SDN Tegalgede 01 Jember?”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji ada tidaknya pengaruh penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SDN Tegalgede 01 Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tegalgede 01 Jember. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Tegalgede 01 Jember yang terdiri dari kelas IVA berjumlah 36 siswa dan kelas IVB yang berjumlah 35 siswa.