Modul Dinamika Gerak Berbasis Gambar Proses untuk Menanamkan Pemahaman Konsep dan Kemandirian Belajar pada Siswa SMA
Abstract
Fisika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari kejadian-kejadian yang
bersifat fisis yang mencakup proses, produk dan sikap ilmiah yang bersifat siklik,
saling berhubungan, dan menerangkan bagaimana gejala-gejala alam tersebut dapat
terukur melalui pengamatan dan penelitian. Pada kenyataannya, kebanyakan siswa
masih menganggap sulit memahami fisika secara mandiri. Salah satu faktor yang
menimbulkan anggapan tersebut yaitu kurangnya media yang dapat menjelaskan
konsep fisika dengan lebih mudah. Salah satu media yang dapat digunakan untuk
menjelaskan konsep fisika lebih mudah yakni gambar proses. Gambar proses perlu
dituangkan dalam suatu media cetak agar siswa dapat memahami konsep secara
mandiri. Salah satu media cetak yang dapat digunakan untuk menanamkan
kemandirian belajar yakni modul. Oleh karena itu perlu adanya suatu pengembangan
untuk menghasilkan modul berbasis gambar proses untuk menanamkan pemahaman
konsep dan kemandirian belajar pada siswa . Penelitian pengembangan ini akan
diterapkan pada siswa SMA yang mempelajari materi dinamika gerak. Maka
penelitian dengan modul dinamika gerak berbasis gambar proses untuk menanamkan
pemahaman konsep dan kemandirian belajar perlu dilakukan
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan modul dinamika gerak
berbasis gambar proses yang valid untuk menanamkan pemahaman konsep dan
kemandirian belajar pada siswa SMA; (2) Mendeskripsikan modul dinamika gerak
berbasis gambar proses yang praktis untuk menanamkan pemahaman konsep dan
kemandirian belajar pada siswa SMA; (3) Mendeskripsikan modul dinamika gerak
berbasis gambar proses yang efektif untuk menanamkan pemahaman konsep dan
kemandirian belajar pada siswa SMA.