Profil Cara Belajar Matematika Siswa Akselerasi Kelas Ix Di SMP Negeri 2 Jember
Abstract
Belajar merupakan suatu proses perubahan tingkah laku dimana suatu
individu akan memiliki keterampilan, pengetahuan, sikap, dan nilai yang
menyebabkan individu tersebut memiliki respon yang lebih baik dengan
lingkungannya. Pencapaian suatu tujuan pendidikan sangatlah ditentukan oleh
proses belajar siswa. Proses belajar yang dilalui siswa berbeda-beda sesuai cara
belajar mereka masing-masing. Pembelajaran matematika merupakan bagian dari
pendidikan nasional yang seringkali dianggap sulit oleh sebagian siswa. Namun,
sebagian besar siswa dengan tingkat kecerdasan tinggi biasanya lebih
menunjukkan minat atau ketertarikannya terhadap mata pelajaran ini. Siswa yang
memiliki kecerdasan dan kemampuan lebih seperti siswa pada kelas akselerasi
memiliki cara yang beragam dalam belajar matematika. Melihat pentingnya
pengetahuan mengenai cara belajar matematika bagi proses pembelajaran serta
hasil belajar siswa, maka dilakukan penelitian mengenai bagaimana profil cara
belajar matematika pada siswa dengan potensi belajar yang tinggi yakni siswa
kelas akselerasi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana cara
belajar matematika siswa kelas akselerasi. Hasil penelitian diharapkan dapat
dimanfaatkan sebagai informasi mengenai cara belajar siswa dalam mata pelajaran
matematika sehinggadapat membantu siswa dalam proses pembelajaran di kelas
dengan menyesuaikan cara belajarnya dan kesulitan belajar juga bisa diatasi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif.