Pengelolaan Surat Menyurat di Pengadilan Agama Jember
Abstract
Komunikasi memegang peran yang sangat penting baik di kantor
pemerintah maupun swasta. selain Koran, radio, televisi, telepon dan sebagainya.
Surat merupakan suatu karya tulis yang menjadi pilihan sebagai saluran
berkomunikasi. Kedudukan dan fungsi surat sangat penting bagi organisasi karena
organisasi tanpa adanya kegiatan surat-menyurat tidak akan berjalan dengan
semestinya menurut visi dan misinya. surat-meyurat atau korespondensi sangat
penting dalam menyampaikan informasi, karena surat bersifat tertutup dan lebih
terjamin aman kerahasiaannya. Pengertian surat itu sendiri adalah sarana
komunikasi untuk menyampaikan informasi atau pernyataan secara tertulis dari
pihak satu ke pihak yang lain. Komunikasi dipandang efektif apabila apa yang
dikomunikasikan tersebut sampai ditempat tujuannya sesuai dengan sumber yang
tertera didalam surat tersebut.
Berita yang disampaikan tersebut dapat berupa pemberitahuan, pernyataan,
pertanyaan, penawaran, pemohonan, laporan, pemikiran, sanggahan atau saran,
kritikan, dan sebagainya. Apabila suatu surat mendapat jawaban atau balasan,
maka terjadilah kegiatan surat-menyurat atau korepondensi tersebut. Surat harus
tertulis jelas dan terinci serta menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, dan
terang dimengerti mengenai maksud dan tujuan surat tersebut dibuat. Setiap surat
masuk yang di terima dan surat keluar yang dikirim oleh suatu organisasi
mempunyai nilai yang sangat penting, baik sebagai alat komunikasi, sebagai bukti
otentik, sekaligus dapat menunjukkan dinamika atau kegiatan kehidupan suatu
perusahaan, kantor atau organisasi.
Collections
- DP-Sectariat Economic [237]