Identifikasi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA Materi Fluida Statis Berdasarkan Taxonomy of Introductory Physics Problems
Abstract
Fisika menjadi fondasi berkembangnya ilmu pengentahuan dan teknologi.
Hal tersebut sesuai dengan tujuan dari pembelajaran fisika diantaranya
mengembangkan pemahaman, pengetahuan, dan kemampuan analisis siswa. Materi
fluida statis merupakan salah satu materi dalam pembelajaran fisika yang dapat
membuat siswa meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Dalam kegiatan
belajar kemampuan pemecahan masalah berkaitan dengan soal dimana dalam
penyelesaiannya perlu langkah yang sistematis. Kemampuan pemecahan masalah
siswa dapat diketahui melalui evaluasi dengan menggunakan alat ukur yaitu
taksonomi. Taxonomy of Introductory Physics Problems (TIPP) merupakan
taksonomi baru yang diciptakan oleh Toerodescu et al. (2013) yang mengacu pada
NTEO yang telah dikembangkan oleh Marzano dan Kendall. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengidentifikasi kemampuan pemecahan masalah siswa SMA materi
fluida statis berdasarkan Taxonomy of Introductory Physics Problems.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini
dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 di tiga SMA Negeri
yang tidak berada di kota di Kabupaten Jember dengan masing-masing sekolah
diambil satu kelas. Responden penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA yang telah
menerima materi fluida statis. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
tes, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah tes berbentuk uraian yang terdiri dari 11 soal dan pedoman wawancara. Soal
yang digunakan diambil dari bank soal yang terstandar yang disesuaikan dengan
level Taxonomy of Introductory Physics Probelms. Data yang diperoleh hasil tes
siswa dan hasil wawancara. Data hasil tes yang diperoleh dianalisis berdasarkan
rubrik penskoran. Data hasil wawancara dianalisis dengan mereduksi, memaparkan,
dan ditarik kesimpulan.