Tindak Tutur Advisoris Guru Bimbingan Konseling dalam Peristiwa Tutur Pelayanan Konseling di SMP Negeri Jember Kota
Abstract
Penelitian tentang tindak tutur advisoris guru bimbingan
konseling dalam peristiwa tutur pelayanan konseling di SMP Negeri Jember Kota
ini dilatarbelakangi oleh: (1) beragamnya jenis tindak tutur advisoris guru
bimbingan konseling yang digunakan dalam peristiwa tutur pelayanan konseling,
dalam upaya menjalankan peran sebagai konseling; (2) setiap jenis tindak tutur
advisoris guru bimbingan konseling yang diujarkan menggunakan modus; (3)
dilihat berdasarkan cara pengekspresiannya, strategi yang digunakan berbedabeda
agar maksud tuturan dapat diterima dan dipahami oleh mitra tutur.
Sesuai dengan latar belakang penelitian, masalah yang dibahas dan tujuan
penelitian ini adalah (1) wujud tindak tutur advisoris guru bimbingan konseling
yang digunakan dalam peristiwa tutur pelayanan konseling di SMP Negeri Jember
Kota, (2) modus yang melatarbelakangi tindak tutur advisoris guru bimbingan
konseling dalam peristiwa tutur pelayanan konseling di SMP Negeri Jember Kota,
(3) strategi tindak tutur advisoris guru bimbingan konseling dalam peristiwa tutur
pelayanan konseling di SMP Negeri Jember Kota. Tujuan penelitian ini adalah
menemukan: (1) wujud tindak tutur advisoris yang digunakan guru bimbingan
konseling dalam peristiwa tutur pelayanan konseling di SMP Negeri Jember Kota;
(2) modus yang melatarbelakangi tindak tutur advisoris guru bimbingan konseling
dalam peristiwa tutur pelayanan konseling di SMP Negeri Jember Kota; dan (3)
strategi tindak tutur advisoris berdasarkan cara pengekspresian guru bimbingan
konseling dalam peristiwa tutur pelayanan konseling di SMP Negeri Jember Kota.