Kohesi Pengacuan pada Cerpen Karya Siswa Kelas XI I SMK Negeri 5 Jember
Abstract
Manusia sebagai mahluk sosial memerlukan bahasa sebagai alat untuk
berinteraksi dengan sesamanya. Dengan bahasa manusia dapat menyampaikan pikiran,
gagsan, konsep ataupun perasaan, karena pada dasaranya bahasa digunakan sebagai
alat untuk berkomunikasi. Sebagai alat komunikasi, bahasa terbagi menjadi dua yaitu
bahasa lisan dan tulis. Dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa tersebut,
bahasa diberdayakan masyarakat dalam berbagai wacana, baik lisan maupun tulis.
Wacana dapat diklasifikasikan menjadi berbagai jenis, salah salah satunya adalah
wacana tulis. Wacana tulis yang terdapat pada materi pelajaran kelas XI adalah
memproduksi teks cerita pendek (cerpen). Cerpen yang baik harus memiliki kepaduan
(kohesi) antarunsur dalam wacana. Kepaduan unsur wacana yang dapat diketahui
degan kohesi gramatikalnya. Kohesi gramatikal pada penelitian ini difokuskan pada
kohesi pengacuan