Analisis Antisipasi dan Kepercayaan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika berdasarkan Kemampuan Matematika
Abstract
Sikap merupakan suatu hal yang penting dalam pembelajaran matematika.
Salah satu sikap yang penting adalah antisipasi dan kepercayaan. Antisipasi siswa
dalam menyelesaikan soal matematika adalah kecenderungan perasaan yang
dimiliki oleh siswa untuk mempertimbangkan sesuatu penyelesaian matematika
yang belum benar-benar diselesaikan dan dipengaruhi oleh struktur kecerdasan
masa lalu. Antisipasi ada dua macam, yaitu prediksi dan peramalan. Prediksi
adalah perkiraan hasil penyelesaian soal matematika sebelum soal tersebut benarbenar
diselesaikan. Peramalan adalah pandangan hasil penyelesaian dan
perhitungan yang dipakai sebagai sarana untuk mencapai hasil penyelesaian.
Antisipasi yang kaitannya dengan proses berpikir terdiri dari 5 macam yaitu
impulsif, kaku, eksploratif, analitik, dan terinternalisasi. Kepercayaan dalam
menyelesaikan soal matematika adalah kecenderungan perasaan yang bersifat
positif atau negatif tentang keyakinan akan kemampuan matematikanya dalam
menyelesaikan soal matematika. Kepercayaan memiliki tiga aspek penting dalam
penelitian ini, yaitu tenang, mandiri dan yakin. Tujuan dalam penelitian ini adalah
untuk mengetahui proses antisipasi dan kepercayaan siswa dalam menyelesaikan
soal matematika berdasarkan kemampuan matematika dan faktor-faktor yang
mempengaruhinya.