Implementasi Bauran Pemasaran Jasa Di Taman Botani Sukorambi Jember
Abstract
Industri pariwisata yang semakin berkembang, membuat setiap daerah
berlomba-lomba untuk memberikan wisata yang terbaik bagi pengunjungnya.
Salah satu wisata yang ada di Jember yaitu Taman Botani Sukorambi Jember.
Wisata Taman Botani Sukorambi Jember sangat berkembang pesat beberapa
tahun ini. Jika sebelumnya wisata ini jarang diminati oleh pengunjung, maka saat
ini Taman Botani Sukorambi Jember merupakan salah satu wisata yang harus
dikunjungi jika pergi ke kota Jember. Perkembangan pada Taman Botani
Sukorambi Jember ini tentu saja hasil dari pengelolaan wisata yang baik yang
dilakukan oleh pihak Taman Botani Sukorambi Jember. Bauran pemasaran adalah
variabel pemasaran yang digunakan oleh perusahaan untuk mencapai tingkat
penjualan atas pasar sasaran. Setiap perusahaan tentu ingin menjadi yang terbaik
dan memenuhi kebutuhan setiap konsumennya. Oleh karena itu, penerapan bauran
pemasaran harus dilakukan dengan baik bagi setiap perusahaan agar tercapai
tujuan dari perusahaan tersebut. Begitupun dengan Taman Botani Sukorambi
Jember yang menerapkan bauran pemasaran jasa 7P dalam meningkatkan jumlah
pengunjung. Adapun bauran pemasaran jasa 7P yang diterapkan yaitu product,
price, promotion, place, people, process, dan physical evidence. Tujuan penelitian
ini untuk mendeskripsikan implementasi bauran pemasaran jasa yang dilakukan
oleh Taman Botani Sukorambi Jember.