Nilai-Nilai Edukatif Dalam Film Animasi “Adit Dan Sopo Jarwo” Di Mnc Tv Dan Pemanfaatannya Pada Pembelajaran Drama Komedi Di Sekolah Dasar
Abstract
Pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dapat membantu siswa dalam
menghayati suatu nilai-nilai kehidupan. Pembelajaran apresiasi sastra dapat
dilakukan dengan menggunakan berbagai media, baik media visual maupun media
audio visual. Film animasi “Adit dan Sopo Jarwo” di MNC TV dapat dijadikan
sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran apresiasi sastra. Film animasi
“Adit dan Sopo Jarwo” banyak mengandung nilai-nilai edukatif. Terkait dengan
film animasi “Adit dan Sopo Jarwo” tersebut dapat dimanfaatkan dalam
pembelajaran yang ada di SD, yaitu pembelajaran apresiasi sastra bermain drama.
Berdasarkan pernyataan tersebut rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
bagaimanakah nilai-nilai edukatif dalam film animasi “Adit dan Sopo Jarwo” di
MNC TV dan pemanfaatannya pada pembelajaran drama komedi di Sekolah
Dasar.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Pengumpulan data dilakukan
dengan menggunakan teknik dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian
ini berupa kata-kata/kalimat serta sikap yang dicontohkan oleh para tokoh yang
terdapat dalam film animasi Adit dan Sopo Jarwo yang menunjukkan adanya
nilai-nilai edukatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah video film animasi
Adit dan Sopo Jarwo di MNC TV yang diunduh melalui situs laman
Youtube.com. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap,
yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa dalam film animasi “Adit dan Sopo
Jarwo” terdapat 12 nilai-nilai edukatif. Diantaranya yaitu nilai kedamaian, nilai
penghargaan, nilai cinta, nilai toleransi, nilai kejujuran, nilai kerendahan hati, nilai kerja sama, nilai kebahagiaan, nilai tanggung jawab, nilai kesederhanaan, nilai
kebebasan, dan nilai persatuan. Pemanfaatan film animasi “Adit dan Sopo Jarwo”
dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran apresiasi sastra yaitu
bermain drama komedi dan dituliskan dalam bentuk Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP).
Selanjutnya saran yang dapat diberikan yaitu (1) bagi guru hasil penelitian
ini dapat dijadikan sebagai variasi dalam pembelajaran yaitu memanfaatkan film
animasi “Adit dan Sopo Jarwo” sebagai pembelajaran drama komedi di Sekolah
Dasar dengan menggunakan Kompetensi Dasar 6.2 yaitu memerankan tokoh
drama dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat; (2) bagi siswa dapat
dijadikan sebagai penanaman sikap, karakter, dan pengetahuan terhadap nilai-nilai
edukatif yang terdapat pada film animasi “Adit dan Sopo Jarwo” di MNC TV; (3)
bagi peneliti lain diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan dalam pembelajaran
atau pembanding terhadap penelitian sejenis selanjutnya, sehingga penelitian yang
direncanakan dapat berjalan dengan lancar dan lebih baik daripada penelitian
sebelumnya.