Show simple item record

dc.contributor.advisorLATIEF, Misno A.
dc.contributor.advisorSAPUTRI, Senny Weyara Dienda
dc.contributor.authorSHOLIKHATI, Ana
dc.date.accessioned2018-11-12T02:30:59Z
dc.date.available2018-11-12T02:30:59Z
dc.date.issued2018-11-12
dc.identifier.nimNIM140210205080
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87872
dc.description.abstractPerkembangan motorik kasar anak di TK Kemala Bhayangkari 37 Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi kurang berkembang. Hal ini dilihat dari kurangnya gerakan motorik kasar dalam aktivitas fisik yang peneliti amati pada saat pengamatan awal, seperti kegiatan berlari, melompat, meloncat, turun dan naik dari anak tangga ketinggian 10-20 cm. Berdasarkan hasil wawancara guru kelas, pada kelompok A masih terdapat kurangnya kelincahan kemampuan motorik kasar anak ketika meloncat dan melompat dan kurangnya keseimbangan saat berlari. Permainan tradisional lompat tali bertujuan untuk mengetahui keberanian, kelincahan, keseimbangan, dan kekuatan anak sehingga dapat mengembangkan aspek motorik kasar anak dan hasil belajar anak dalam menggerakkan badan dan kaki dalam rangka keseimbangan, kekuatan, kelincahan dan melatih keberanian yang dapat membuat anak menjadi aktif dan berpartisipasi langsung dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Adakah pengaruh permainan tradisional lompat tali terhadap perkembangan motorik kasar anak kelompok A di TK Kemala Bhayangkari 37 Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018?”. Tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh permainan tradisional lompat tali terhadap perkembangan motorik kasar anak kelompok A di TK Kemala Bhayangkari 37 Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan pola eksperimental semu (Quasi Experimental Design), desain atau pola penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan rancangan Non-equaivalent Control Group. Lokasi yang digunakan sebagai tempat penelitian, yaitu di TK Kemala Bhayangkari 37 Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi. Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu metode observasi dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil dan analisis data penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh permainan tradisional lompat tali terhadap perkembangan motorik kasar anak kelompok A di TK Kemala Bhayangkari 37 Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi. Uji normalitas menunjukkan hasil data yang berdistribusi normal. Pada uji homogenitas data menunjukkan kedua kelas eksperimen dan kelas kontrol tersebut bernilai homogen. Uji hipotesis menunjukkan hasil thitung > ttabel yaitu 5,227 > 2,000 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional lompat tali berpengaruh terhadap perkembangan motorik kasar anak kelompok A di TK Kemala Bhayangkari 37 Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi. Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini adalah hendaknya guru menggunakan permainan tradisional lompat tali sebagai alternatif untuk meningkatkan perkembangan motorik kasar anak dan hendaknya guru melakukan variasi kegiatan dalam pembelajaran yang berhubungan di luar kelas agar anak tidak merasa bosan dengan pembelajaran outdoor yang monoton. Bagi lembaga sekolah, hendaknya memperhatikan penyediaan sarana bermain, sehingga pembelajaran dalam upaya melatih kemampuan motorik kasar pada anak dapat terfasilitasi dengan baik serta kegiatan bermain juga menjadi lebih bervariatif dengan adanya sarana bermain yang memadai.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140210205080;
dc.subjectPermainan Tradisionalen_US
dc.subjectLompat Talien_US
dc.titlePengaruh Permainan Tradisional Lompat Tali Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Kelompok A Di Tk Kemala Bhayangkari 37 Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record