Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Keterampilan Proses Sains Menggunakan Aplikasi Android Pada Materi Sistem Ekskresi SMA
Abstract
Kurikulum 2013 revisi 2016 yang saat ini berlaku pada pelaksanaan proses
pendidikan di Indonesia dengan jelas telah memberikan penekanan tentang
penguasaan konsep sains yang terdapat pada Kompetensi Inti 3 (KI-3), dan hal ini
perlu disejajarkan dengan keterampilan proses sains yang tertuang dalam Kompetensi
Inti 4 (KI-4). Kompetensi Inti 4 menekankan penguasaan siswa terhadap
keterampilan proses sains merupakan inovasi yang perlu ditindak lanjuti oleh
pendidik. Kehadiran Kompetensi Inti 4 pada Kurikulum 2013 revisi 2016
mengingatkan pendidik bahwa kemampuan siswa menjelaskan konsep sains secara
verbal belumlah lengkap jika siswa belum mampu menunjukkan keterampilan proses
sains dengan konsep yang dimaksud (Rumimbo, 2017). Siswa memerlukan
penguasaan konsep sains bukan hanya untuk mengkonstruk pengetahuan, akan tetapi
agar dapat bersaing di kancah pendidikan internasional.