• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN ASSESSMENT ALTERNATIF PORTOFOLIO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 TANGGUL

    Thumbnail
    View/Open
    skripsi WULAN JADI_001.pdf (139.7Kb)
    Date
    2013-12-13
    Author
    Dwi Wulandari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) merupakan pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok yang beranggotakan 4- 5 orang dalam memecahkan masalah, dimana anggota kelompok tersebut saling membantu dan bekerjasama. Kelompok-kelompok tersebut mempunyai anggota yang heterogen baik ras, agama, suku, dan kemampuan akademik. Sedangkan assessment portofolio merupakan kumpulan fakta/bukti dan dokumen yang berupa tugas-tugas yang terorganisir secara sistematis dari seseorang secara individual dalam proses pembelajaran selama satu periode tertentu. Sehingga model pembelajaran STAD dengan assessment portofolio merupakan serangkaian kegiatan pengumpulan dokumen atau bukti dari tugas-tugas siswa yang diterapkan dalam suatu model pembelajaran. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD dengan assessment alternatif portofolio terhadap motivasi belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tanggul. (2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD dengan assessment alternatif portofolio terhadap pengusaan konsep biologi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tanggul. Penelitian ini merupakan penelitian education experimental. Tempat penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Tanggul. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik undian untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah sebelumnya dilakukan uji homogenitas terhadap kelas XI IPA SMA Negeri 2 Tanggul. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 semester ganjil tahun ajaran 2010/2011. Data-data yang diambil dengan menggunakan metode dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji homogenitas untuk mencari kelas yang homogen, uji ANAVA dan LSD untuk hasil pre-test, post-test, serta analisis hasil angket dan wawancara motivasi. Analisis data menggunakan ANAVA menunjukkan bahwa model pembelajaran STAD dengan assessment alternatif portofolio berpengaruh terhadap motivasi belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tanggul. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran STAD dengan assessment alternatif portofolio berpengaruh sangat signifikan (P=0,000) terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tanggul dengan peningkatan motivasi sebesar 33,75%. Model pembelajaran STAD dengan assessment alternatif portofolio juga berpengaruh sangat signifikan (P = 0,000) terhadap penguasaan konsep biologi siswa dengan rerata skor post-test sebesar 80,02. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran STAD dengan assessment alternatif portofolio berpengaruh terhadap motivasi belajar dan penguasaan konsep biologi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tanggul.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8787
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository