Hubungan Antara Kinerja Tutor Dengan Motivasi Warga Belajar Kejar Paket C Di Pkbm Ngupoyo Ilmu Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi
Abstract
Program kejar paket C ini di ajukan bagi masyarakat putus sekolah karena
keterbatasan ekonomi dan ada juga karena mengalami masalah di sekolah formalnya
sehingga menyebabkan putus sekolah. Pelaksanaan program kejar paket di PKBM
Ngupoyo Ilmu Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi. Kinerja Tutor tidak
hanya memberikan materi tentang mata pelajaran sebagai mana mestinya tetapi juga
memberikan motivasi pada warga belajarnya agar memahami nilai dan manfaat
program pendidikan kesetaraan bagi peningkatan kualitas kehidupan di masyarakat.
Dengan demikian kinerja tutor sangat penting, karena tutor yang terlihat langsung
dalam pembinaan dan pembelajaran warga belajar.
Berdasarkan hal tersebut rumusan masalah yaitu penelitian ini adakah
hubungan antara kinerja tutor dengan motivasi warga belajar paket C di PKBM
Ngupoyo Ilmu Kecamatan Muncar? sedangkan Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk
mengetahui hubungan antara kinerja tutor dengan motivasi warga belajar paket C di
PKBM Ngupoyo Ilmu Kecamatan Muncar. Adapun manfaat penelitian ini, yaitu
manfaat teoritis diharapkan dapat menambah ilmu pengetahuan tentang kinerja tutur
dan motivasi belajar warga belajar paket C khususnya bagi pendidikan luar sekolah
dan manfaat secara praktis dapat menjadi salah satu masukan dukungan dan
parameter bagi pendidik maupun praktisi pendidikan luar sekolah.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan
kuantitatif. Dalam pelaksanaanya, dilakukan kunjungan langsung di tempat penelitian
yaitu PKBM Ngupoyo Ilmu Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi yang dipilih
sebagai tempat penelitian dengan teknik purposive area sampling. Selanjutnya
Sumber data utama yang dipilih ialah Warga belajar kejar paket C dan penentuan responden menggunakan teknik populasi dengan pengumpulan data melalui Angket
dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data penelitian menggunkan rumus
korelasi tata jenjang. Hasil penelitian di atas selanjutnya dibuktikan melalui
penyebaran angket kepada 10 warga belajar paket C yang dalam hal ini setiap angket
yang terdiri dari 20 pertanyaan, yang selanjunya dilakukan preses scoring, tabularing
dan editing.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa ada
Hubungan Antara Kinerja Tutor Dengan Motivasi Warga Belajar Paket C di PKBM
Ngupoyo Ilmu Kecamatan Muncar. Yaitu Kinerja Tutor sebagai Variabel X dan
Motivasi Warga Belajar Paket C sebagai Variabel Y dengan hasil perhitungan dan
olahan data yang diperoleh rhitung sebesar 0,588. Jika dikonsultasikan dengan rtabel
sebesar 0,648 pada taraf kepercayaan 95%, akan menunjukan bahwa rhitung lebih besar
rtabel = 0,588 > 0,361 dan kinerja tutor dapat memberikan korelasi sebesar 34,5%
terhadap motivasi warga belajar, Artinya Hubungan kinerja tutor dengan motivasi
warga belajar paket C yaitu tergolong cukup. Selanjunya rincian antar indikator yang
dijadikan pengukuran, diketahui bahwa indikator kinerja tutor mampu menyusun
rencana pembelajaran 0,528 memberikan korelasi sebesar 27,87% terhadap motivasi
warga belajar dengan kategori cukup, indikator kinerja tutor mampu melaksanakan
proses pembelajaran menghasilkan 0,679 memberikan korelasi sebesar 46,10%
terhadap motivasi warga belajar dengan kategori tinggi, sedangkan indikator kinerja
tutor mampu memilih metode pembelajaran menghasilkan 0,485 memberiikan
korelasi sebesar 23,52% terhadap motivasi warga belajar dengan kategori cukup.
Berdasarkan hasil analisis diatas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
hubungan antara kinerja tutor dengan motivasi warga belajar paket C di PKBM
Ngupoyo Ilmu Kecamatan Muncar memiliki tingkat hubungan yang cukup.