Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap Sikap Ilmiah Siswa Kelas V di SDN Kepatihan 01 Jember
Abstract
Sikap ilmiah merupakan sikap yang diambil dan dikembangkan ilmuwan
yang harus dimiliki setiap siswa, sehingga siswa mampu memecahkan masalah
secara sistematis melalui langkah-langkah ilmiah. Sikap ilmiah termasuk dalam
komponen afektif, yang mana komponen tersebut harus muncul dalam penerapan
kurikulum 2013. Terdapat dua penelitian yang hasilnya bertentangan, dimana satu
penelitian menyatakan bahwa GI berpengaruh terhadap sikap ilmiah siswa,
sedangkan penelitin yang lain menyatakan GI tidak berpengaruh terhadap sikap
ilmiah siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Adakah pengaruh yang
signifikan model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap sikap ilmiah
siswa kelas V di SDN Kepatihan 01 Jember?”. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran GI terhadap sikap
ilmiah siswa kelas V di SDN Kepatihan 01 Jember. Penelitian ini dilaksanakan di
SDN Kepatihan 01 Jember mulai tanggal 19 Maret sampai 11 April 2018.