Pengaruh Bauran pemasaran Terhadap Pengambilan Keputusan Menggunakan Jasa Bimbingan Belajar Primagama (Studi Kasus Pada Siswa Lembaga Bimbingan Belajar Primagama Cabang Jember)
Abstract
Lembaga bimbingan belajar tergolong dalam pendidikan nonformal yang kegiatannya dilakukan untuk memberikan bantuan kepada siswa dalam hal untuk memperkaya khasanah ilmu pengetahuan yang dapat digunakan untuk mempersiapkan ujian akhir semester atau digunakan untuk persiapan ke jenjang pendidikan selanjutnya. Program bimbingan belajar pada lembaga disesuaikan dengan mata pelajaran di sekolah agar siswa dapat fokus untuk memahami mata pelajaran yang sesuai dengan kebutuhannya. Adanya Ujian Nasional (UN) dan seleksi masuk di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui tes tulis menjadikan lembaga bimbingan belajar semakin dibutuhkan keberadaanya bagi siswa untuk mencapai lulus UN dan diterima di PTN. Sehubungan dengan kondisi tersebut, keberadaan lembaga bimbingan belajar banyak didirikan di berbagai daerah.
Lembaga bimbingan belajar sebagai lembaga usaha diperlukan untuk mengelola bauran pemasaran yang dapat digunakan sebagai sarana untuk dapat mencapai sasaran dalam pasar. Bauran pemasaran merupakan indikator dari strategi pemsaran yang dijadikan sebagai alat pemasar untuk menarik minat konsumen sehingga melakukan keputusan pembelian dengan pertimbangan elemen dalam bauran pemasaran berupa produk, harga, lokasi, promosi, bukti fisik, proses, dan sumber daya manusia(SDM).
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan pengaruh yang signifikan dari bauran pemasaran terhadap pengambilan keputusan siswa menggunakan jasa bimbingan belajar Primagama. Jenis penelitian ini berupa penelitian kuantitatif dengan metode analisis yang digunakan yaitu analisis garis regresi linier sederhana. Penentuan lokasi penelitian menggunakan purposive area yaitu pemilihan tempat penelitian yang dengan disengaja ditentukan dan disesuaikan