PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “KELILING NUSANTARA” PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU KELAS IV SDN JEMBER LOR 02
Abstract
Perkembangan kognitif siswa sekolah dasar berada pada tahap operasional konkret. Pada tahap ini, mereka telah dapat berpikir logis terhadap obyek konkret disekitarnya. Oleh karena itu, penyampaian materi akan lebih efektif jika dibantu oleh sebuah media yang dapat mengasah tingkat keaktifan dan berpikir siswa secara mandiri maupun berkelompok. Pada kenyataannya, pembelajaran di sekolah dasar tidak selalu mendukung karakteristik dan kebutuhan siswa.
Pembelajaran di kelas lebih banyak menyampaikan materi secara verbalistik. Sumber belajar dan media yang terbatas menyebabkan siswa kurang memahami materi pembelajaran dan kurang termotivasi untuk belajar. Berdasarkan hal tersebut, maka guru perlu menciptakan sebuah pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, sesuai dengan karakteristik siswa yaitu bisa melibatkan siswa dalam sebuah permainan aktif, dan menyampaikan meteri dalam bentuk konkret supaya mempermudah siswa memahami materi pembelajaran.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah proses dan hasil pengembangan media pembelajaran “Keliling Nusantara” pada tema Indahnya Kebersamaan subtema Keberagaman Budaya Bangsaku kelas IV SDN Jember Lor 02 Tahun Pelajaran 2017/2018. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan menghasilkan produk berupa media pembelajaran “Keliling Nusantara” pada tema Indahnya Kebersamaan subtema Keberagaman Budaya Bangsaku pada siswa kelas IV SD.