• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN TEKNIK MENCATAT MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III TEMA PEKERJAAN DI SDN BARATAN 02 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Anik Safitri - 1402010204032_.pdf (6.472Mb)
    Date
    2018-11-08
    Author
    SAFITRI, Anik
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di SDN Baratan 02 Jember dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas III yang berjumlah 40 siswa, terdiri atas 23 laki-laki dan 17 perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sedangkan metode pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dokumen dan tes. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik mencatat mind mapping dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.. Hasil ini terlihat dari persentase aktivitas belajar siswa prasiklus sebesar 42,656% pada siklus I meningkat sebesar 18,844% sehingga menjadi 61,5%. Siklus II terjadi peningkatan sebesar 24,87% dari siklus I sehingga menajdi 86,370%. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa dari prasiklus yaitu sebesar 7,9%, kemudian menjadi 74,6% pada siklus I. Siklus II mengalami peningkatan sebesar 82,5% sehingga menjadi 85,625%. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa: (1) bagi guru, dapat mengembangkan pembelajaran dengan menggunakan teknik mencatat mind mapping sebagai bahan pertimbangan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa; (2) bagi pihak sekolah, penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pengembangan teknik yang akan digunakan guru dalam upaya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa; (4) bagi peneliti, penelitian dapat menambah pengetahuan dan pengalaman dalam pembelajaran; (5) bagi peneliti lain, penelitian ini dapat menjadi acuan dan referensi dalam melakukan penelitian yang sejenis.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87699
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository