Penerapan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Koperasi Pada Siswa Kelas IV Di SDN Sumbersari 02 Jember
Abstract
Pemilihan metode pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran
IPS sangat diperlukan agar pembelajaran menjadi efektif, menyenangkan, dan
materi tersampaikan dengan baik kepada siswa. Dengan demikian diharapkan
motivasi dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Namun berdasarkan hasil
observasi awal, data angket, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan peneliti
di SDN Sumbersari 02 Jember diketahui bahwa motivasi dan hasil belajar masih
tergolong rendah. Guru sudah menggunakan beberapa variasi metode
pembelajaran namun dirasa masih kurang efektif. Hal ini dikarenakan kurangnya
penggunan media yang menarik dan peran guru masih mendominasi dalam proses
pembelajaran, Beberapa siswa hanya duduk dan mendengarkan dan kurang aktif
saat guru memberikan kesempatan siswa untuk mengerjakan atau memperagakan
suatu pembelajaran.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian dengan
menerapkan metode inkuiri. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu
Bagaimanakah peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV
menggunakan metode Inkuiri pada mata pelajaran IPS Pokok Bahasan Koperasi
di SDN Sumbersari 02 Jember. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk
meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV menggunakan metode
Inkuiri pada mata pelajaran IPS Pokok Bahasan Koperasi di SDN Sumbersari 02
Jember.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN Sumbersari 02 Jember
yang berjumlah 33 siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Metode pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, angket, dokumentasi, dan tes.
Hasil observasi motivasi dan hasil belajar siswa dianalisis secara deskriptif
kualitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah
perolehan skor rata-rata motivasi belajar (81 – 100) dan hasil belajar siswa (81 –
100) mencapai kategori sangat baik
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan metode inkuiri dapat
meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh dari
penelitian ini menunjukkan skor rata-rata motivasi belajar siswa secara klasikal
pada pra siklus sebesar 46,73, meningkat menjadi 73,06 (kategori tinggi) pada
siklus I, dan pada siklus II semakin meningkat menjadi 81,18 (kategori sangat
tinggi). Skor rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal pada pra siklus sebesar
66,21 sedangkan pada siklus I meningkat menjadi 76,52 (kategori baik) dan pada
siklus II meningkat menjadi 85,91 (kategori sangat baik).
Salah satu saran yang berkaitan dengan penerapan metode inkuiri bagi
guru kelas yaitu dapat dijadikan bahan pertimbangan variasi metode pembelajaran
untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.