dc.description.abstract | Kognitif merupakan salah satu aspek yang perlu dikembangkan pada anak
usia dini. Lingkup perkembangan kognitif diperoleh melalui kegiatan
pembelajaran matematika salah satunya yaitu berhitung. Kemampuan berhitung
sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, yang juga sebagai dasar
pengembangan kemampuan matematika maupun kesiapan mengikuti pendidikan
dasar bagi anak. Kemampuan berhitung mencakup mengenal lambang bilangan 1-
20, mengurutkan lambang bilangan 1-20, menjumlah dan mengurangi lambang
bilangan 1-20, menghubungkan/memasangkan lambang bilangan sesuai dengan
banyaknya gambar. Keempat kemampuan tersebut dapat dikembangkan melalui
media Papan Pintar Bergambar (PAPIMBAR) pada pembelajaran di Taman
Kanak-kanak. Pemanfaatan media Papan Pintar Bergambar dengan materi
penjumlahan dan pengurangan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan
kognitif anak.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dikemukakan
oleh Thiagarajan dengan tahap pengembangan model 4-D (Define, Design,
Develop, Disseminate). Produk yang dihasilkan dari penelitian yaitu Alat
Permainan Edukatif Papan Pintar Bergambar (PAPIMBAR) dengan materi
penjumlahan dan pengurangan. Media Papan Pintar Bergambar digunakan pada
pembelajaran dengan 4 (empat) tujuan utama yaitu 1) anak mengenal lambang
bilangan 1-20 melalui kegiatan bermain, 2) anak mengurutkan lambang bilangan
1-20 dengan media Papan Pintar Bergambar, 3) anak berhitung dengan
menjumlah maupun mengurangi di LKA yang sudah disediakan, 4) anak
menghubungkan/memasangkan lambang bilangan sesuai dengan banyaknya
gambar. Subjek penelitian ini menggunakan anak kelompok B di TK Ibnu Qaldun
Kecamatan Sumbersari Jember yang berjumlah 20 anak. Uji pengembangan
dilakukan pada pembelajaran semester genap tahun ajaran 2017-2018. Data yang
diperoleh dari penelitian ini yaitu hasil validasi media papan pintar bergambar dan
perangkat pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran, hasil pengamatan
keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media papan pintar bergambar
yang ditentukan oleh hasil belajar anak.
Pada tahap uji pengembangan dilakukan kegiatan validasi oleh 2 ahli yaitu
satu dosen PG-PAUD, dan satu guru kelas kelompok B. Hasil validasi oleh ahli
untuk media papan pintar bergambar diperoleh nilai 4,32 termasuk pada kategori
valid yang sebelumnya sudah dilakukan validasi dan revisi dari dua validator, dari
hasil validasi dilakukan perhitungan yang menghasilkan nilai Va sebagai penentu
kevalidan yang mengacu pada skala di tabel 3.1. Media papan pintar bergambar
memerlukan sedikit perbaikan pada bagian penyajian. Hasil validasi ahli terkait
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harin (RPPH) dan Lembar Kerja Anak
(LKA) masing-masing memperoleh nilai 4,51 dan 4,49 keduanya termasuk pada
kategori valid dengan sedikit perbaikan yaitu penulisan kalimat pada metode
pembelajaran kurang tepat, indikator tidak dijelaskan, petunjuk soal, dari hasil
validasi dilakukan perhitungan yang menghasilkan nilai Va sebagai penentu
kevalidan yang mengacu pada skala di tabel 3.1. Berdasarkan uji pengembangan
di lapangan diperoleh aktivitas guru mencapai 89% pada pertemuan I, dan 93%
pada pertemuan II. Terkait aspek keefektifan, aktivitas hasil belajar anak
mencapai 80% pada pertemuan I, dan 89% pada pertemuan II. Respon guru
terhadap komponen media papan pintar bergambar dan perangkat pembelajaran
yang disusun memberikan respon positif.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, maka disimpulkan
bahwa 1) Alat Permainan Edukatif Papan Pintar Bergambar (PAPIMBAR) untuk
kemampuan berhitung dikategorikan valid dengan sedikit perbaikan yaitu alat
peraga cukup untuk berhitung 1-10 saja, item-item buah-buahan kuran bervariasi
dan layak digunakan pada pembelajaran, 2) keterlaksanaan pembelajaran
menggunakan Alat Permainan Edukatif Papan Pintar Bergambar mencapai hasil yang sangat baik, 3) hasil aktivitas belajar anak mencapai kategori baik, serta
respon guru terhadap Alat Permainan Edukatif Papan Pintar Bergambar positif.
Saran bagi peneliti lain yaitu manajemen waktu yang cukup agar hasil produk
sesuai harapan, karena pada tahap perancangan (design) media papan pintar
bergambar memerlukan waktu yang relatif panjang | en_US |