Show simple item record

dc.contributor.advisorKHUTOBAH
dc.contributor.advisorAISIYAH, Laily Nur
dc.contributor.authorMELINDA, Vena
dc.date.accessioned2018-10-01T03:22:37Z
dc.date.available2018-10-01T03:22:37Z
dc.date.issued2018-10-01
dc.identifier.nim140210205013
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87502
dc.description.abstractKognitif merupakan salah satu aspek yang perlu dikembangkan pada anak usia dini. Lingkup perkembangan kognitif diperoleh melalui kegiatan pembelajaran matematika salah satunya yaitu berhitung. Kemampuan berhitung sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, yang juga sebagai dasar pengembangan kemampuan matematika maupun kesiapan mengikuti pendidikan dasar bagi anak. Kemampuan berhitung mencakup mengenal lambang bilangan 1- 20, mengurutkan lambang bilangan 1-20, menjumlah dan mengurangi lambang bilangan 1-20, menghubungkan/memasangkan lambang bilangan sesuai dengan banyaknya gambar. Keempat kemampuan tersebut dapat dikembangkan melalui media Papan Pintar Bergambar (PAPIMBAR) pada pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Pemanfaatan media Papan Pintar Bergambar dengan materi penjumlahan dan pengurangan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dikemukakan oleh Thiagarajan dengan tahap pengembangan model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Produk yang dihasilkan dari penelitian yaitu Alat Permainan Edukatif Papan Pintar Bergambar (PAPIMBAR) dengan materi penjumlahan dan pengurangan. Media Papan Pintar Bergambar digunakan pada pembelajaran dengan 4 (empat) tujuan utama yaitu 1) anak mengenal lambang bilangan 1-20 melalui kegiatan bermain, 2) anak mengurutkan lambang bilangan 1-20 dengan media Papan Pintar Bergambar, 3) anak berhitung dengan menjumlah maupun mengurangi di LKA yang sudah disediakan, 4) anak menghubungkan/memasangkan lambang bilangan sesuai dengan banyaknya gambar. Subjek penelitian ini menggunakan anak kelompok B di TK Ibnu Qaldun Kecamatan Sumbersari Jember yang berjumlah 20 anak. Uji pengembangan dilakukan pada pembelajaran semester genap tahun ajaran 2017-2018. Data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu hasil validasi media papan pintar bergambar dan perangkat pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran, hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media papan pintar bergambar yang ditentukan oleh hasil belajar anak. Pada tahap uji pengembangan dilakukan kegiatan validasi oleh 2 ahli yaitu satu dosen PG-PAUD, dan satu guru kelas kelompok B. Hasil validasi oleh ahli untuk media papan pintar bergambar diperoleh nilai 4,32 termasuk pada kategori valid yang sebelumnya sudah dilakukan validasi dan revisi dari dua validator, dari hasil validasi dilakukan perhitungan yang menghasilkan nilai Va sebagai penentu kevalidan yang mengacu pada skala di tabel 3.1. Media papan pintar bergambar memerlukan sedikit perbaikan pada bagian penyajian. Hasil validasi ahli terkait Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harin (RPPH) dan Lembar Kerja Anak (LKA) masing-masing memperoleh nilai 4,51 dan 4,49 keduanya termasuk pada kategori valid dengan sedikit perbaikan yaitu penulisan kalimat pada metode pembelajaran kurang tepat, indikator tidak dijelaskan, petunjuk soal, dari hasil validasi dilakukan perhitungan yang menghasilkan nilai Va sebagai penentu kevalidan yang mengacu pada skala di tabel 3.1. Berdasarkan uji pengembangan di lapangan diperoleh aktivitas guru mencapai 89% pada pertemuan I, dan 93% pada pertemuan II. Terkait aspek keefektifan, aktivitas hasil belajar anak mencapai 80% pada pertemuan I, dan 89% pada pertemuan II. Respon guru terhadap komponen media papan pintar bergambar dan perangkat pembelajaran yang disusun memberikan respon positif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, maka disimpulkan bahwa 1) Alat Permainan Edukatif Papan Pintar Bergambar (PAPIMBAR) untuk kemampuan berhitung dikategorikan valid dengan sedikit perbaikan yaitu alat peraga cukup untuk berhitung 1-10 saja, item-item buah-buahan kuran bervariasi dan layak digunakan pada pembelajaran, 2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan Alat Permainan Edukatif Papan Pintar Bergambar mencapai hasil yang sangat baik, 3) hasil aktivitas belajar anak mencapai kategori baik, serta respon guru terhadap Alat Permainan Edukatif Papan Pintar Bergambar positif. Saran bagi peneliti lain yaitu manajemen waktu yang cukup agar hasil produk sesuai harapan, karena pada tahap perancangan (design) media papan pintar bergambar memerlukan waktu yang relatif panjangen_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPapan Pintar Bergambar (PAPIMBAR)en_US
dc.subjectKemampuan Berhitung Anaken_US
dc.titlePengembanganِ Alat Permainan Edukatif Papan Pintar Bergambar (PAPIMBAR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Kelompok B di TK Ibnu Qaldun Jember Tahun Ajaran 2017-2018en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record