Peran Room Attendant Pada Operasional Housekeeping Department Untuk Pelayanan Kamar Di Hotel Bintang Mulia Dan Resto Jember
Abstract
Pariwisata merupakan salah satu bentuk industri yang berkembang diera
ke-19 yang mampu menyediakan pertumbuhan perekonomian baik dalam hal
lapangan pekerjaan, pendapatan maupun taraf hidup. Industri pariwisata sangat
berkaitan erat dengan dengan industri perhotelan. Perhotelan adalah bidang usaha
yang berkembang seiring dengan kemajuan sektor pariwisata. Tuntutan para
pelancong yang ingin mendapatkan layanan akomodasi yang sesuai. Baik secara
kuantitatif maupun kualitatif, Sebagian orang mungkin menganggap bahwa
perhotelan hanya terdiri dari hotel dan restoran. Lebih luas dari itu, industri
perhotelan meliputi berbagai macam usaha, seperti bar, gerai fast food, guest
house, laundry and dry cleaning, rekreasi keluarga, kebugaran, dan lain
sebagainya.
Hotel juga perusahaan yang memberikan layanan jasa dalam bentuk
penginapan atau akomodasi serta menyediakan fasilitas lainnya yang memenuhi
syarat-syarat comfort, privasi dan bertujuan komersil. Dalam sebuah hotel
terdapat bagian penting yang memiliki prioritas pelayanan kepada tamu yaitu
House Keeping Department, Adapun salah satu hotel tersebut adalah Hotel
Bintang Mulia dan Resto Jember, hotel ini adalah hotel berkelas bintang tiga
(***) memiliki produk yang hampir sama dengan hotel lain pada umumnya,
seperti kamar, makanan, minuman.
Departemen Housekeeping pada Hotel Bintang Mulia dan Resto terdapat
Room Attendant yang merupakan seseorang yang melayani dan mengantarkan
keperluan kamar kepada tamu Room Attendant sangat berperan penting terhadap
citra kamar maupun hotel, karena pelayanan yang diberikan Room Attendant
mencerminkan kualitas kamar dan hotel tersebut. Dalam mempertahankan kualitas pelayanan Room Attendant di kamar, dan menjaga mutu pelayanan, dari
pihak Hotel Bintang Mulia dan Resto Jember sering kali memberikan training
kepada para Room Attendant hal ini bertujuan agar Room Attendant selalu
menjaga dan memberi pelayanan yang memuaskan kepada tamu.
Pada saat Praktek Kerja Nyata, penulis ditempatkan di departemen
Housekeeping sebagai Room Attendant yang memberikan pelayanan sebaik
mungkin agar tamu merasa puas dan nyaman dengan pelayanan yang diberikan.
Agar pelayanan lebih maksimal dan tamu merasa menjadi prioritas utama dengan
segala bentuk pelayanan yang diberikan. Seorang Room Attendant harus memiliki
pengetahuan yang cukup dalam menjalankan peran dan tugasnya, terutama
pengetahuan dasar tentang perhotelan, pengetahuan tentang kamar, kemampuan
tambahan seperti kemampuan berbahasa dengan baik dan pengetahuan lainnya
yang ada kaitannya dengan lingkungan kerja dan Room Attendant juga dituntut
untuk memiliki kemampuan dasar dalam melayani tamu.
Peranan dan tanggung jawab seorang Room Attendant yaitu memberikan
pelayanan yang baik dan memenuhi pelayanan kebutuhan perlengkapan tamu
sehingga tamu tersebut merasa puas dengan pelayanan yang diberikan dan ingin
kembali lagi berkunjung ke hotel tersebut. Pelayanan yang diberikan kepada tamu
harus sesuai dengan standart dan prosedur pelayanan (sequence of service) yang
telah ditentukan di Hotel Bintang Mulia dan Resto, hal ini untuk mengantisipasi
terjadinya complaint tamu dan memberikan pelayanan yang sebaik mungkin
untuk memenuhi kepuasan tamu dalam melayani tamu di Hotel Bintang Mulia
dan Resto Jember. Sebagai seorang Room Attendant dituntut harus mengerti tugas
dan tanggung jawab yang diberikan dalam melayani tamu dan memahami
kebutuhan tamu dalam hal kebutuhan kamar serta pelayanannya, karena hal
tersebut merupakan peranan seorang Room Attendant dalam memberikan
pelayanan kepada tamu.