Show simple item record

dc.contributor.advisorZULKARNAIN, Elfian
dc.contributor.advisorRIRIANTY, Mury
dc.contributor.authorPRATAMA, Pravasta Ade
dc.date.accessioned2018-09-17T02:49:02Z
dc.date.available2018-09-17T02:49:02Z
dc.date.issued2018-09-17
dc.identifier.nimNIM132110101177
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87421
dc.description.abstractPermasalahan gizi di Indonesia saat ini telah memasuki masalah gizi ganda yaitu masalah gizi kurang yang masih belum teratasi sepenuhnya, namun terdapat masalah baru yang muncul yaitu masalah gizi berlebih. Kelebihan gizi menimbulkan obesitas yang dapat terjadi baik pada kelompok usia anak-anak hingga usia dewasa. Prevalensi masalah kegemukan dan obesitas pada anak meningkat dari tahun ke tahun, baik di negara maju maupun negara berkembang. Kelompok umur 5-12 tahun mengalami prevalensi kegemukan yang cukup signifikan. Hal ini patut dijadikan perhatian karena obesitas pada anak dan remaja berkaitan dengan peningkatan risiko menderita penyakit kardiovaskuler, seperti hipertensi dan penyakit lainnya. Obesitas terjadi disebabkan banyak faktor. Pola makan merupakan pencetus terjadinya kegemukan dan obesitas. Pemerintah mengeluarkan sebuah Pedoman Gizi Seimbang dalam upaya menurunkan dan menjaga status gizi masyarakat. Pedoman Gizi Seimbang yang baru ini terdapat beberapa media promosi dengan pesan visualisasi untuk konsumsi kita sehari-hari salah satunya adalah “Piring Makanku”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas media promosi “Piring Makanku” dalam meningkatkan pengetahuan, sikap dan praktik terhadap gizi seimbang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) di SDN Jember Lor 1. Jumlah sampel sebanyak 94 responden dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Variabel terikatnya adalah pengetahuan, sikap dan praktik tentang gizi seimbang dalam sekali makan, sedangkan variabel bebasnya adalah media “Piring Makanku”. Analisis statistik dilakukan menggunakan uji Wilcoxon Sign Rank Test dan Mann Whitney menggunakan SPSS 11.5 dengan α = 0,05.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik responden dalam penelitian ini adalah jenis kelamin dan tingkat pendidikan. Responden paling banyak berjenis kelamin perempuan sedangkan tingkat pendidikan adalah kelas 4 sampai kelas 6 SD. Terdapat perbedaan yang lebih baik pada pengetahuan, sikap dan praktik terhadap gizi seimbang dalam sekali makan pada saat sesudah dilakukan perlakuan atau intervensi daripada sebelum diberikan intervensi berupa media “Piring Makanku”. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan nilai yang lebih baik pada nilai posttest pengetahuan, sikap dan praktik terhadap gizi seimbang pada kelompok perlakuan daripada nilai posttest kelompok kontrol, oleh karena itu media promosi “Piring Makanku” terbukti efektif dalam meningkatkan nilai pengetahuan, sikap, dan praktik terhadap gizi seimbang dalam sekali makan. Saran yang dapat diberikan bagi Fakultas Kesehatan Masyarakat diharapkan dapat memberikan edukasi melalui penyuluhan dengan mengenalkan media “Piring Makanku” di kalangan anak Sekolah Dasar sebagai perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Masyarakat. Bagi pihak Dinas Kesehatan diperlukan meningkatkan promosi kesehatan menggunakan media “Piring Makanku” disetiap kegiatan promosi, meningkatkan produksi sehingga media tersebut mampu mencukupi kebutuhan kegiatan promosi. Perlu adanya peningkatan media karena belum adanya standarisasi dari bentuk dasar piring dan penambahan terkait ukuran porsi dalam media “Piring Makanku”. Bagi pihak Dinas Pendidikan perlu adanya penambahan promosi gizi seimbang dalam proses belajar mengajar dan pembentukan peraturan untuk membawa bekal untuk siswa serta mengadakan parenting ke orang tua murid tentang gizi seimbang. Bagi guru pendidik dan orang tua untuk senantiasa membimbing anaknya supaya membawa bekal makanan sehingga dapat membantu memantau penerapan gizi seimbang dalam menu makan anak dalam sekali makan sebagai bentuk upaya pencegahan dan penanggulangan gizi lebih.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries132110101177;
dc.subjectMedia Promosien_US
dc.subjectGizi Seimbangen_US
dc.titleEfektivitas Media Promosi “Piring Makanku” Pedoman Gizi Seimbang Sebagai Panduan Sekali Makanen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record