Implementasi Bauran Pemasaran Produk Tas dan Koper Pada PT.Tasindo di Desa Kludan Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo
Abstract
Perkembangan industri kerajinan yang begitu pesat, memunculkan usaha
kerajinan tas dan koper dengan berbagai macam variasi. Tanggulangin merupakan
daerah yang memiliki industri kecil penghasil produk berupa tas dan koper. Salah
satu yang menjadi lokasi industri tas dan koper di Sidoarjo adalah Desa Kludan
Kecamatan Tanggulangin. Mendirikan usaha di Desa Kludan tepatnya di Jalan
Permata Industri Blok R3 No.35 Kecamatan Tanggulangin dekat dengan lokasi
wisata maupun jalur Provinsi tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen.
PT.Tasindo Desa Kludan Kecamatan Tanggulangin merupakan usaha kerajinan
yang berdiri pada Januari 2003. PT.Tasindo merupakan industri kerajinan yang
tergolong menengah dari industri-industri lainnya, pemilik yang bernama ST 33
Tahun. PT.Tasindo adalah industri kerajinan tas dan koper yang menawarkan
variasi produk tas dan koper. Suatu usaha tentunya menginginkan usahanya
mengalami perkembangan, berkembangnya bisnis sangat erat kaitannya dengan
bauran pemasaran yang dilakukan. Bauran pemasaran tersebut harus sesuai
dengan permasalahan suatu usaha. Salah satu usaha kerajinan tas dan koper
dengan menjalin kerja sama dengan berbagai instansi pemerintahan maupun
swasta, universitas dan lembaga pendidikan lainnya, beberapa travel besar di
surabaya, luar kota maupun luar pulau menginginkan usahanya mengalami
perkembangan adalah PT.Tasindo yang teletak di Jalan Permata Industri Blok R3
No.35 Desa Kludan Kecamatan Tanggulangin, yang dijadikan sebagai tempat
penelitian, karena usaha ini bisa dikatakan sebagai usaha lama yang memiliki
banyaknya pesaing baru bisnis sejenis. Bisnis ini harus mampu bertahan dan
mengembangkan usahanya sehingga dapat bersaing dengan usaha lain yang
sejenis.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan implementasi bauran pemasaran yang dilakukan pada usaha kerajinan tas dan koper Desa Kludan Kecamatan Tanggulangin Kabupaten
Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian ditentukan dengan menggunakan
metode penentuan daerah dengan maksud tujuan tertentu yang dilaksanakan di
PT.Tasindo Desa Kludan Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo. Analisis
data dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, serta penarikan
kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa PT.Tasindo Desa
Kludan Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo menerapkan bauran
pemasaran. Adapun bauran pemasaran yang digunakan oleh PT.Tasindo Desa
Kludan Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo adalah produk, harga,
promosi dan distribusi.
Produk dalam PT.Tasindo yaitu inovasi dan variasi produk dari tahun ke
tahun dengan menciptakan produk baru demi berkembangnya usaha. Harga
merupakan penetapan harga dengan mempertimbangkan harga bahan baku, harga
kualitas dan harga yang ditetapkan sesuai dengan target konsumen yang dituju
yaitu travel-travel, instansi, lembaga-lembaga dan masyarakat. Promosi dilakukan
menyebarkan brosur pada saat awal pembukaan PT.Tasindo Desa Kludan
Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo. Promosi melalui periklanan seperti
website dan media sosial, selain itu promosi juga dilakukan melalui mulut ke
mulut seperti sales-sales maupun pelanggan lama dan melalui mobil operasional.
PT.Tasindo menggunakan distribusi langsung, distribusi tidak langsung dan
distribusi eksklusif. Tempat yaitu pemilihan tempat usaha berada dilokasi yang
strategis supaya mudah dicari bagi konsumen. Melalui bauran pemasaran yang
digunakan maka pasar yang dikuasai PT.Tasindo Desa Kludan Kecamatan
Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo semakin meluas dengan diikuti konsumen atau
pelanggan yang bertambah, laba yang diperoleh meningkat, serta konsumen
merasa puas dengan produk PT.Tasindo Desa Kludan Kecamatan Tanggulangin
Kabupaten Sidoarjo.