Pengaruh Bauran Promosi (Promotional Mix) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Giant Ekspres Jember
Abstract
Eksistensi dan perkembangan bisnis ritel modern pada beberapa tahun terakhir di Indonesia merupakan suatu fenomena yang cukup menarik. Persaingan usaha ritel modern ini sekarang tidak hanya terjadi pada kota-kota besar saja, namun juga sudah mulai terjadi pada kota-kota madya maupun tingkat kabupaten seperti di Kabupaten Jember. Persaingan ritel modern di Jember ini bisa kita lihat dari sudah banyaknya ritel modern yang beroperasi di Kabupaten Jember seperti Indomaret, Alfamart, Matahari Departement Store, Swalayan Golden Market, Swalayan Roxy Square, Hypermart, Giant Ekspres Jember dan lain-lain.
Pelaku bisnis ritel yang cukup banyak ini membuat persaingan bisnis ritel modern di Kabupaten Jember menjadi cukup ketat. Oleh karena itu tidak mengherankan jika masing-masing pemilik ritel modern berusaha untuk meningkatkan bauran promosi (promotional mix) sebagai salah satu alat pemasarannya untuk bersaing dalam rangka menarik minat calon konsumen dan mempengaruhi keputusan mereka untuk berbelanja di ritel miliknya. Giant Ekspres Jember merupakan salah satu ritel modern yang melakukan bauran promosi dalam bentuk periklanan, penjualan perorangan, promosi penjualan dan hubungan masyarakat secara konsisten untuk memaksimalkan kegiatan pemasarannya.
Sesuai dengan rumusan masalah yang ada, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh buaran promosi terhadap keputusan pembelian konsumen di Giant Ekspres Jember. Sehingga hipotesis dari penelitian ini yaitu diduga ada pengaruh yang signifikan antara bauran promosi terhadap keputusan pembelian konsumen di Giant Ekspres Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode angket, wawancara dan dokumen. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 40 responden dan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial yang terdiri atas analisis garis regresi linier sederhana, analisis varian regresi, uji F, analisis efektifitas garis regresi dan analisis standart error of estimate.
Hasil analisis data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa variabel bauran promosi sebagai variabel bebas secara signifikan mempengaruhi variabel keputusan pembelian konsumen sebagai variabel terikat. Hal ini dibuktikan dengan hasil Uji F yang menunjukkan bahwa nilai Fhitung = 89,381 > ftabel= 4,10 dengan tingkat signifikansi F = 0,000 < α = 0,05. Nilai koefisien korelasi dalam penelitian ini yaitu 0,838 dengan tingkat korelasi yang tergolong sangat kuat, sedangkan nilai Rsquare = 0,702 yang berarti bahwa persentase pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sejumlah 70,2%. Sisanya yaitu 29,8% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.
Berdasarkan hasil analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara bauran promosi terhadap keputusan pembelian konsumen di Giant Ekspress Jember. Adapun saran yang dapat penulis berikan dalam penelitian ini yaitu bagi pihak Giant Ekspres Jember, diharapkan untuk dapat mempertahankan penerapan strategi bauran promosi yang ada terutama dalam bentuk promosi penjualan yang mana telah mendapat paling banyak respon positif dari para konsumen. Sedangkan bagi peneliti lain, diharapkan untuk ikut mempertimbangkan variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti faktor harga, lokasi, kualitas produk dan lain-lain