ENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI TEMPEH
Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal aktivitas belajar siswa kelas XI IPS 2
SMA Negeri Tempeh masih rendah dibandingkan kelas XI IPS yang lain.
Demikian juga hasil belajarnya belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM) yang telah ditentukan. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang
digunakan tidak sesuai dengan materi pembelajaran. Permasalahan tersebut harus
segera diatasi dengan penggunaan model pembelajaran yang sesuai dengan
materi, sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu
model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
adalah model Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri
Tempeh pada materi perekonomian terbuka.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan
secara kolaboratif oleh peneliti dengan guru ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri
Tempeh. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri
Tempeh yang berjumlah 38 siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 18 siswa
perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan setiap siklus terdiri
dari perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data
yang digunakan adalah metode observasi, tes, wawancara, dan dokumen.
Sedangkan metode analisis data menggunakan metode analisis diskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menujukkan penerapan model Problem Based Learning
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I aktivitas
belajar siswa mencapai skor 71,79% dan termasuk kategori aktif sendangkan
ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 86,84% dan telah memenuhi Kriteria
Ketuntasan Minimal. Pada siklus II aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan
sebesar 9,14% menjadi 80,93% dan termasuk kategori sangat aktif, ketuntasan
belajar secara klasikal juga mengalami peningkatan sebesar 5,27% menjadi
92,11%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model
Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
kelas XI IPS 2 SMA Negeri Tempeh pada mata pelajaran ekonomi materi
perekonomian terbuka. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini adalah
hendaknya guru mata ekonomi di SMA Negeri Tempeh menerapkan model
Problem Based Learning sebagai salah satu atlternatif dalam pembelajaran
terutama pada materi perekonomian terbuka.