• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI TEMPEH

    Thumbnail
    View/Open
    Juwita Agustin_070210301077_1.pdf (228.3Kb)
    Date
    2013-12-12
    Author
    Juwita Agustin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil observasi awal aktivitas belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri Tempeh masih rendah dibandingkan kelas XI IPS yang lain. Demikian juga hasil belajarnya belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan tidak sesuai dengan materi pembelajaran. Permasalahan tersebut harus segera diatasi dengan penggunaan model pembelajaran yang sesuai dengan materi, sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah model Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri Tempeh pada materi perekonomian terbuka. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif oleh peneliti dengan guru ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri Tempeh. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri Tempeh yang berjumlah 38 siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Sedangkan metode analisis data menggunakan metode analisis diskriptif kualitatif. Hasil penelitian menujukkan penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I aktivitas belajar siswa mencapai skor 71,79% dan termasuk kategori aktif sendangkan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 86,84% dan telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal. Pada siklus II aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 9,14% menjadi 80,93% dan termasuk kategori sangat aktif, ketuntasan belajar secara klasikal juga mengalami peningkatan sebesar 5,27% menjadi 92,11%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri Tempeh pada mata pelajaran ekonomi materi perekonomian terbuka. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini adalah hendaknya guru mata ekonomi di SMA Negeri Tempeh menerapkan model Problem Based Learning sebagai salah satu atlternatif dalam pembelajaran terutama pada materi perekonomian terbuka.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8729
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository