• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Scientific Approach dalam Problem Based Learning Berbasis Mind Map terhadap Kualitas Bertanya dan Hasil Belajar Siswa

    Thumbnail
    View/Open
    Army Iswandani - 140210103096.pdf (8.340Mb)
    Date
    2018-08-28
    Author
    ISWANDARI, Army
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Permasalahan pendidikan di Indonesia salah satunya adalah rendahnya mutu pendidikan di segi formal maupun informal yang diperoleh setelah membandingkan pendidikan di negara kita dengan negara lain. Penyebab hal tersebut bermula dari pengajaran pada tingkat dasar di sekolah dimana pendekatan pembelajaran selama ini berpusat pada guru sehingga murid terbiasa pasif. Peningkatan kualitas dapat dilakukan dengan memperhatikan inovasi di dunia pendidikan dengan pembaharuan kurikulum, peningkatan kualitas pembelajaran dan efektifitas model atau metode dalam proses pembelajaran (Sudrajat, 2008). Setelah melakukan observasi di SMAN Jenggawah, permasalahan yang muncul yaitu pembelajaran tidak sesuai dengan pendekatan sains (scientific approach) yang tertera pada K-13. Guru cenderung hanya memberikan LKPD sebagai tugas. Dampak dari KBM tersebut menurunnya tingkat keaktifan siswa yang ditandai dengan kurangnya kualitas bertanya. Permasalahan yang ada menuntun pada sintaks model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan mengorientasi siswa pada masalah, mengorganisasikan siswa untuk belajar, membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, mengembangkan hasil karya dan menganalisa proses pemecahan masalah (Nur, 2008). PBL juga akan didampingi oleh mind map yang diklaim baik dalam meningkatkan kemampuan recalling memori di otak. Hal ini membantu meningkatkan kemampuan siswa mengembangkan potensi kerja otak, sehingga perhatian terpusat pada subjek dan mampu mengembangkan cara pengaturan pikiran secara terperinci (Ristiasih, Priyono & Sukaesih, 2012). Kemudian ditindak
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87270
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository