• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA DI SEKOLAH DASAR

    Thumbnail
    View/Open
    Yuli Ria Anjarwati - 140210204017_.pdf (7.357Mb)
    Date
    2018-08-28
    Author
    ANJARWATI, Yuli Ria
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pre-experimental dengan desain intact group comparison. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data t test sampel independen yang berupa nilai post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dilakukan penghitungan uji homogenitas. Data yang dianalisis untuk uji homogenitas ini diperoleh dari nilai UAS semester ganjil. Penghitungan uji homogenitas menggunakan uji Levene Test dengan bantuan program SPSS versi 22.0. Berdasarkan hasil penghitungan uji homogenitas, dapat diketahui bahwa nilai signifikansi diperoleh sebesar 0,159, sehingga nilai signifikansi > 0,05 (0,16 > 0,05). Jadi dapat disimpulkan bahwa keadaan kedua sampel tersebut sebelum diadakan penelitian adalah homogen. Berdasarkan hasil penghitungan uji homogenitas di atas menunjukkan bahwa kondisi awal siswa antara kelas VA dan VB sebelum diberikan perlakuan (treatment) adalah relatif sama, sehingga memenuhi syarat untuk digunakan sebagai objek penelitian. Selanjutnya menggunakan teknik undian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun hasilnya kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Data yang dianalisis adalah selisih nilai post-test pada kelas eksperimen (VA) dan kelas kontrol (VB). Selisih nilai post-test di analisis dengan menggunakan rumus uji t-test. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan program SPSS versi 22.0, diperoleh harga thitung sebesar 6,290, selanjutnya harga thitung tersebut dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5%. Diketahui nilai derajat kebebasan (dbd) adalah jumlah keseluruhan sampel dikurangi 2, yaitu 35 + 33 – 2 = 66, sehingga diperoleh harga ttabel sebesar 1,996. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat diketahui bahwa thitung > ttabel (6,290 > 1,996), dengan demikian hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan media puzzle terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SDN Tegalgede 01 Jember. Pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan media puzzle ini diharapkan dapat menjadi alternatif pembelajaran inovatif bagi guru, dan bagi peneliti lain dapat dijadikan sebagai bahan rujukan untuk penelitian selanjutnya yang serupa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87261
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15316]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository