• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN STRATEGI GENIUS LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU (EKONOMI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

    Thumbnail
    View/Open
    IDA FARIDA - 070210301096 (2)_1.pdf (196.4Kb)
    Date
    2013-12-12
    Author
    Ida Farida
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Prosees pembelajaran di SMP Negeri 1 Sempu masih kurang melibatkan keaktifan siswa, kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru yang berakibat terjadinya bentuk komunikasi satu arah yaitu dari guru kepada siswa. Selain itu, hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu (Ekonomi) masih belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum yang di tetapkan pihak sekolah. Untuk itu guru perlu mencoba menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas sekaligus hasil belajar siswa adalah strategi pembelajaran Genius Learning. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan diterapkannya strategi Genius Learning pada materi pokok Pelaku Ekonomi?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok Pelaku Ekonomi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bermaksud memperbaiki atau meningkatkan proses pembelajaran. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-D SMP Negeri 1 Sempu - Banyuwangi. Rancangan dalam penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan metode observasi, metode tes, metode wawancara dan metode dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan metode analisis diskriptif kualitatif. Hasil penelitian diperoleh aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I pertemuan ke-1 mencapai 59,33% masih termasuk dalam kategori sedang, siklus I pertemuan ke-2 sebesar 67,13% termasuk dalam kategori aktif dan siklus II mencapai 75,70% termasuk dalam kategori aktif. Adapun rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 69,69 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 48,39%. Rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus II sebesar 76,81 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 75,86%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok Pelaku Ekonomi dengan diterapkannya strategi Genius Learning. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini adalah hendaknya guru mata pelajaran IPS Terpadu (Ekonomi) di SMP Negeri 1 Sempu menerapkan strategi Genius Learning yang dapat dijadikan alternatif dalam pembelajarkan siswa pada pelajaran IPS Terpadu (Ekonomi) materi pokok Pelaku Ekonomi, dan hendaknya menerapkan suatu strategi pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan pokok bahasan yang akan disampaikan serta agar memberikan remedial kepada sebagian kecil siswa yang masih belum tuntas hasil belajarnya pada pembelajaran siklus II yang telah diberikan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8726
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository