PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B1 PAUD ISLAM TERPADU BAITURROHMAN KECAMATAN ARJASA KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Abstract
Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan pola eksperimental semu (Quasi Eksperimental) dengan pola penelitian Non-Equevalent Control Group. Lokasi yang digunakan sebagai tempat penelitian yaitu di TK Baiturrohman Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode pengambilan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Uji validitas dan uji reabilitas dalam penelitian ini menggunakan bantuan software SPSS.20.00 dengan pendekatan pearson correlation sedangkan uji realibilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Analisis data kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus t-test.
Berdasarkan perhitungan uji-t yang telah dilakukan dengan perhitungan manual maupun dengan bantuan SPSS versi 20.00 diketahui nilai thitung sebesar 5,476 sedangkan ttabel sebesar 2,030 dengan taraf signifikansi 5%, maka nilai thitung lebih besar ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan menerima hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap perkembangan sosial emosional anak kelompok B1 di PAUD Islam Terpadu Baiturrohman Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Selanjutnya hasil perhitungan uji relatif keefektifan sebesar 80,56% dan termasuk dalam keefektifan tinggi.