ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER EKONOMI BENTUK ESSAY KELAS X DI SMA NEGERI 5 JEMBER TAHUN AJARAN 2011-2012
Abstract
Tes essay yang diujikan kepada siswa harus memiliki kualitas yang baik.
Kualitas sebuah tes essay dapat dilihat dari validitas soal, tingkat kesukaran dan daya
beda. Tes essay yang telah diujikan pada ujian tengah semester untuk mata pelajaran
ekonomi tahun ajaran 2011-2012 menunjukkan hasil yang kurang memuaskan. Nilai
yang diperoleh siswa sebagian besar berada di bawah standar ketuntasan minimal
(SKM). Hasil tersebut cenderung menurun bila dibandingkan dengan nilai yang
diperoleh siswa pada ulangan harian yang telah dilaksanakan sebelumnya. Peneliti
menganggap perlu adanya uji kualitas butir soal essay untuk mengetahui struktur,
tingkat kesukaran dan daya beda soal ujian tengah semester ekonomi bentuk essay
kelas X di SMA Negeri 5 Jember tahun ajaran 2011-2012.
Penelitan ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.
Subyek dalam penelitian ini adalah butir soal ujian tengah semester ganjil bidang
studi ekonomi kelas X SMA Negeri 5 Jember tahun ajaran 2011-2012 yang
berjumlah 15 butir. Obyek dalam penelitian ini adalah siswa peserta ujian tengah
semester ganjil mata pelajaran ekonomi kelas X tahun ajaran 2011-2012 di SMA
Negeri 5 Jember yang berjumlah 65 siswa. Metode pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah metode dokumen dan wawancara. Analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini menggunakan analisis rasional dan analisis empiris.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal belum valid terbukti dari struktur
soal yang dibuat memiliki kualitas yang rendah. Hal ini nampak dalam rumusan 7
butir soal yang kurang komunikatif, kurang spesifik dan kurang dapat mengasah
kemampuan berpikir siswa. Penentuan aspek intelektual untuk 6 soal oleh guru juga
dinilai kurang tepat dengan aspek intelektual yang hendak diukur dalam soal. Kunci
jawaban untuk 7 soal yang dibuat guru juga tidak sesuai dengan masksud soal.
Teknik penskoran yang digunakan guru juga kurang tepat. Guru menggunakan nilai
yang seragam untuk semua soal tanpa memperhatikan kesukaran pada setiap soal.
Hasil penelitian juga menunjukkan soal buatan guru memiliki tingkat kesukaran yang
tidak proporsional. Perbandingan proporsi soal yang dimiliki guru adalah 6:5:4. Hal
tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar soal yang dibuat guru tergolong sukar.
Hasil penelitian untuk daya beda menunjukkan 6 soal buatan guru memiliki
daya beda yang rendah, 5 soal memiliki tingkat daya beda cukup dan hanya 4 soal
yang memiliki daya beda tinggi. Berpedoman pada rumusan permasalahan dan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa soal ujian tengah semester ekonomi bentuk essay
kelas X di SMA Negeri 5 Jember tahun ajaran 2011-2012 masih kurang berkualitas
sehingga membutuhkan beberapa perbaikan.