SISTEM PEMASARAN PRODUK MIKRO KREASI PADA PT. PEGADAIAN (Persero) CABANG GENTENG BANYUWANGI
Abstract
Berdasarkan hasil kegiatan Praktek Kerja Nyata (PKN) pada PT. Pegadaian
(Persero) Cabang Genteng, diperoleh pengetahuan dan pengalaman baik secara
langsung maupun tidak langsung. Dari kegiatan PKN ini maka dapat diambil
kesimpulan sebagai berikut:
1. Sistem pemasaran yang digunakan oleh PT. Pegadaian (Persero) Cabang
Genteng adalah Direct Marketing atau sistem pemasaran langsung dengan
tujuan mengkomunikasikan produk secara langsung kepada konsumen atau
para calon nasabah
2. Pelaksanaan pemasaran produk mikro kreasi pada PT. Pegadaian (Persero)
Cabang Genteng terdiri dari : menyiapkan dan memahami brosur yang
disediakan oleh PT. Pegadaian (Persero) Cabang Genteng, membagikan
brosur (door to door) ke tempat-tempat umum, dan mendata calon nasabah
yang akan mengajukan mikro kreasi seseuai dengan nama, alamat, nomor
telepon, kegiatan usaha dan kendaraan yang akan digunakan untuk barang
jaminan.
3. Permasalahan yang dialami selama kegiatan pemasaran produk mikro kreasi
yaitu: kurang memahami isi dari brosur yang akan disampaikan kepada calon
nasabah dan pada saat memberikan penjelasan mengenai produk yang
dipromosikan calon nasabah ada yang berbicara sendiri, serta beberapa dari
calon nasabah ada yang keberatan jika disurvei kegiatan usaha dan tempat
tinggalnya. solusinya adalah memahami dengan baik serta meminta
penjelasan secara detail dari karyawan, dan meminta calon nasabah untuk
tidak berbicara terlebih dahulu supaya penjelasan yang diberikan dapat
diterima dengan jelas, serta membujuk supaya calon nasabah mau untuk
disurvei kegiatan usaha dan tempat tinggalnya.
Collections
- DP-Company Management [469]