• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-4 DI SMA NEGERI 1 ARJASA

    Thumbnail
    View/Open
    Firda Badratun Nasiha - 070210391058_1.pdf (405.8Kb)
    Date
    2013-12-12
    Author
    Firda Badratun Nasiha
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses pembelajaran yang selam ini ditetapkan di sekolah-sekolah masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal tersebut akan berdampak pada proses belajar mengajar dimana aktivitas belajar siswa yang rendah dan hasil belajar siswa tidak sesuai dengan standar ketuntasan belajar di SMA Negeri 1 Arjasa. Agar siswa memiliki aktivitas belajar dan hasil belajar yang lebih baik, guru harus selektif dalam memilih model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran ekonomi. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran ekonomi pokok bahasan kebijakan pemerintah dalm bidang ekonomi adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Ekonomi materi kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi pada siswa kelas X-4 SMA Negeri 1 Arjasa melalui model jigsaw tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X4 SMA Negeri 1 Arjasa pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi tahun pelajaran 2011-2012. Peningkatan aktivitas belajar tersebut dapat dilihat dari skor rata-rata yang diperoleh pada siklus I adalah 59,07% dan pada siklus II mendapat skor rata-rata 66,11%. Hal ini berarti aktivitas belajar siswa meningkat dari kriteria sedang menjadi aktif. Peningkatan pada hasil belajar juga menjadi baik yang dibuktikan dengan nilai rata-rata 76,02% pada siklus I dan pencapaian ketuntasan 91,07% pada siklus II.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8721
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository