PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-4 DI SMA NEGERI 1 ARJASA
Abstract
Proses pembelajaran yang selam ini ditetapkan di sekolah-sekolah masih
menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal tersebut akan berdampak pada
proses belajar mengajar dimana aktivitas belajar siswa yang rendah dan hasil belajar
siswa tidak sesuai dengan standar ketuntasan belajar di SMA Negeri 1 Arjasa. Agar
siswa memiliki aktivitas belajar dan hasil belajar yang lebih baik, guru harus selektif
dalam memilih model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran
ekonomi. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata
pelajaran ekonomi pokok bahasan kebijakan pemerintah dalm bidang ekonomi adalah
model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Tujuan dari penelitian ini untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Ekonomi materi kebijakan pemerintah dalam
bidang ekonomi pada siswa kelas X-4 SMA Negeri 1 Arjasa melalui model jigsaw
tahun ajaran 2011/2012.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X4
SMA Negeri 1 Arjasa pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan kebijakan
pemerintah dalam bidang ekonomi tahun pelajaran 2011-2012. Peningkatan aktivitas
belajar tersebut dapat dilihat dari skor rata-rata yang diperoleh pada siklus I adalah
59,07% dan pada siklus II mendapat skor rata-rata 66,11%. Hal ini berarti aktivitas
belajar siswa meningkat dari kriteria sedang menjadi aktif. Peningkatan pada hasil
belajar juga menjadi baik yang dibuktikan dengan nilai rata-rata 76,02% pada siklus I
dan pencapaian ketuntasan 91,07% pada siklus II.