• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) HUKUM NEWTON GRAVITASI BERBASIS MULTIREPRESENTASI TERINTEGRASI PhET SIMULATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Ferdy Sugianto - 140210102001_.pdf (3.547Mb)
    Date
    2018-08-24
    Author
    SUGIANTO, Ferdy
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika merupakan mata pejaran yang menekankan pada penguasaan konsep, namun pada pelaksanaannya terkadang siswa tidak mampu memahami konsep fisika yang dipelajari. Konsep fisika cenderung bersifat abstrak dan dalam bentuk pengetahuan fisik seta logika matematik, jadi bakat individu cukup berpengaruh dalam penguasaannya. Salahsatu materi fisika yang bersifat abstrak dan sulit untuk divisualisasikan adalah materi hukum Newton tentang gravitasi. Oleh sebab itu dibutuhkan media praktikum virtual yang mampu memvisualisasikan materi hukum Newton tentang gravitasi, sehingga dapat dilakukan percobaan. Media praktikum virtual yang paling popular digunakan dalam proses pembelajaran saat ini yaitu aplikasi Physics Education Tecnologi (PhET). Namun agar pembelajaran materi fisika hukum Newton tentang gravitasi bersifat efektif dan efisien, media praktikum Phet Simulation tidak dapat langsung diberikan pada siswa, diperlukan suatu bahan ajar yang dapat menuntun siswa melalukan pembelajaran menggunakan media praktikum Phet Simulation. Bahan ajar dapat berupa lembar kerja siswa (LKS). Lembar kerja siswa (LKS) yang dikembangkan harus mampu membuat siswa dapat memahami konsep fisika materi hukum gravitasi Newton yang bersifat abstrak dengan baik. Oleh karena itu dibutuhkan suatu pendekatan yang mampu meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa. Salahsatu pendekatan yang mampu meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa adalah pendekatan multirepresentasi. Oleh sebab itu maka dikembangkan lembar kerja siswa (LKS) materi hukum Newton tentang gravitasi berbasis pendekatan multirepresentasi, dan terintegrasi aplikasi praktikum virtual Phet Simulation yang dapat meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa materi hukum Newton tentang gravitasi yang bersifat abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Mengkaji validitas LKS ; 2) Mengkaji kepraktisan LKS; dan 3) Mengkaji efektivitas LKS. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Tjeerd Plomp. Pemillihan pengembangan model Plomp pada penelitian ini dikarenakan pengembangan model ini memiliki kelebihan,antara lain uraian setiap fase yang detail dan sistematis, mudah dipahami dan model pengembangan ini cocok untuk diterapkan dalam mengembangkan perangkat pembelajaran. Dalam penelitian pengembangan ini, model Plomp yang digunakan terdiri dari 5 fase, yaitu:1) fase investigasi awal (Preliminary Research), 2) fase desain (Design), 3) fase realisasi/konstruk (Realization/Construction), 4) fase tes, evaluasi, dan revisi dan 5) fase implementasi. Hasil yang didapat dari kegiatan penelitian yaitu lembar kerja siswa (LKS) hukum Newton gravitasi berbasis multirepresentasi terintegrasi PhET Simulation telah melalui tahap validasi ahli dan validasi pengguna dengan nilai validasi akhir 4,15 dan dikategorikan valid. LKS ini telah layak digunakan pada kegiatan pembelajaran. Lembar kerja siswa (LKS) hukum Newton gravitasi berbasis multirepresentasi terintegrasi PhET Simulation telah diuji coba lapangan dan dikategorikan praktis. Hali ini dapat dilihat dari nilai kepraktisan yang diperoleh tiap sub bab masing-masing yaitu sub bab pertama 3,57, sub bab kedua 3,28, dan sub bab ketiga 3,42. Lembar kerja siswa (LKS) hukum Newton gravitasi berbasis multirepresentasi terintegrasi PhET Simulation telah diuji coba lapangan dan dikategorikan efektiv, dengan nilai N-gain efektivitas akhir 0,75 dan berkategori efektivitas tinggi. Lembar kerja siswa (LKS) hukum Newton gravitasi berbasis multirepresentasi terintegrasi PhET Simulation telah melalui tahap desiminasi (penyebar luasan) dan dikategorikan efektiv, dengan nilai rata-rata N-gain 0,71 dan berkategori efektivitas tinggi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87203
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository