PELAKSANAAN PROSES PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KARYAWAN PADA PT. JASA MARGA (PERSERO) TBK. CABANG SURABAYA GEMPOL
Abstract
Berdasarkan hasil Praktek Kerja Nyata (PKN) yang telah dilakukan pada
PT Jasa Marga (persero) Tbk Cabang Surabaya Gempol, maka dapat diambil
kesimpulan :
1. Pelaksanaan Pelatihan dan Pengembangan karyawan PT Jasa Marga (Persero)
Tbk. Cabang Surabaya Gempol dilaksanakan melalui 5 tahap, yaitu
menentukan analisis kebutuhan pelatihan dan pengembangan, menentukan
tujuan pelatihan dan pengembangan karyawan, jenis pelatihan dan
pengembangan, pelaksanaan pelatihan dan pengembangan karyawan, dan
evaluasi program pelatihan dan pengembangan karyawan.
2. Kegiatan selama Praktek Kerja Nyata (PKN) pada PT. Jasa Marga (Persero)
Tbk. Cabang Surabaya Gempol adalah membantu membuat daftar hadir peserta
pelatihan, membantu menginput daftar hadir peserta pelatihan ke Portal JMDC,
dan membantu mendokumentasikan proses pelatihan dan pengembangan
karyawan
3. Permasalahan yang terjadi saat pelaksanaan pelatihan dan pengembangan PT.
Jasa Marga (Persero) Tbk. Cabang Surabaya Gempol adalah keterlambatan
kedatangan peserta pelatihan saat selesai jam ISOMA, instruktur pelatihan
(pemberi materi) kurang dapat mencairkan susana pada saat memberikan
materi, dan peserta pelatihan mengambil minuman berupa kopi yang
disediakan penyelenggara pada saat pemberian materi sedang berlangsung
sehingga mengganggu jalannya proses pelatihan. Solusi bagi permasalahan
tersebut adalah peserta diberikan pengarahan untuk tidak datang terlambat pada
saat jam ISOMA selesai, pihak JMDC atau penyelenggara pelatihan memilih
instruktur yang profesional dan lebih berpengalaman di bidangnya, dan pihak
JMDC menambah waktu coffeebreak dalam rundown acara pelatihan sehingga
peserta tidak mengambil minuman (kopi) pada saat pemberian materi pelatihan
sedang berlangsung
Collections
- DP-Company Management [469]