• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEJARAH BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 ARJASA

    Thumbnail
    View/Open
    Arti Permata Sari - 140210302063 _.pdf (1.983Mb)
    Date
    2018-08-23
    Author
    SARI, Arti Permata
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran yang disusun pendidik telah mengintegrasikan nilai-nilai karakter utama yang meliputi religius, nasionalis, integritas, mandiri, dan gotong royong. Pengintegrasian nilainilai karakter dalam perencanaan pembelajaran terdapat pada komponen tujuan pembelajaran sejarah, indikator pencapaian kompetensi, metode pembelajaran, skenario pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran yang tercantum secara implisit maupun eksplisit; (2) pada pelaksanaan pembelajaran sejarah, pendidik melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat menumbuhkan nilai-nilai karakter peserta didik mulai dari karakter religius hingga gotong royong yang tercantum pada kegiatan pendahuluan, inti dan penutup; (3) evaluasi pembelajaran yang digunakan mampu menumbuhkan nilai-nilai karakter peserta didik yang terdiri dari penilaian pengetahuan melalui tes lisan maupun tertulis, penilaian sikap untuk menilai karakter peserta didik selama proses pembelajaran sejarah dan penilaian keterampilan untuk menilai kreativitas peserta didik. Kesimpulan hasil penelitian yakni: (1) pada perencanaan pembelajaran yang disusun oleh pendidik berdasarkan kurikulum 2013 telah mengintegrasikan nilai-nilai karakter secara implisit dalam RPP; (2) pelaksanaan pembelajaran sejarah yang dilakukan oleh pendidik menerapkan langkah-langkah pembelajaran yang dapat menumbuhkan karakter peserta didik dalam kegiatan pendahuluan, inti dan penutup; (3) evaluasi pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 dalam membentuk karakter peserta didik telah dicantumkan dan dilaksanakan selama proses pembelajaran sejarah berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan agar pendidik lebih baik lagi dalam menyusun RPP, melaksanakan pembelajaran dan melakukan evaluasi pembelajaran, agar nilai-nilai karakter yang ada pada tujuan pembelajaran sejarah dapat tersampaikan dengan baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87177
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository