• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN SISWA

    Thumbnail
    View/Open
    DWI SUSILOWATI - NIM 070210391012 (2)_1.pdf (1.896Mb)
    Date
    2013-12-12
    Author
    Dwi Susilowati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses pembelajaran yang selama ini ditetapkan di sekolah-sekolah masih menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah bervariasi. Aktivitas siswa dalam pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri Arjasa masih belum sesuai harapan. Selain itu, Pemahaman siswa pada mata pelajaran tersebut juga masih belum memenuhi KKM yang ditentukan sekolah. Agar siswa memiliki aktivitas pemahaman yang lebih baik, guru harus selektif dalam memilih pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kara kteristik mata pelajaran Ekonomi. Salah satu pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran Ekonomi materi perilaku konsumen dan produsen adalah Pendekatan Keterampilan Proses. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan pemahaman siswa mata pelajaran Ekonomi materi perilaku konsumen dan produsen pada siswa kelas X8 SMA Negeri Arjasa melalui Pendekatan Keterampilan Proses tahun ajaran 201 2/2013. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Penentuan tempa t penelitian menggunakan metode purposive, yaitu pada kelas X 8 di SMA Negeri Arjasa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumen tasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman siswa kelas X8 SMA Negeri Arjasa pada mata pelajaran Ekonomi materi perilaku konsumen dan produsen tahun ajaran 201 2-2013. Peningkatan aktivitas belajar tersebut dapat dilihat dari skor ratarata yang diperoleh pada siklus I adalah 2,70% dan pada siklus II adalah 3,27%. Hal ini berarti aktivitas belajar siswa meningkat dari kriteria cukup menjadi aktif. Secara klasikal siklus I ketuntasan belajar mencapai 70,58%, dan siklus II ketuntasan belajar mencapai 88,23%, yang berarti pada siklus II telah mencapai standar ketuntasan minimal yang ditentukan oleh sekolah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8716
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository