dc.description.abstract | Keterampilan dan Kemandirian belajar siswa kelas XI IPS 2 MAN Jember
1 dalam pembelajaran Akuntansi masih tergolong rendah dibandingkan dengan
kelas XI lainnya. Hal ini dikarenakan media pembelajaran yang digunakan oleh
guru dalam proses pembelajaran akuntansi menggunakan media sederhana (papan
tulis dan bagan-bagan) yang disampaikan dengan metode ceramah. Oleh karena
itu penggunaan media aplikasi komputer akuntansi program accurate accounting
menjadi perlu. Penggunaan media aplikasi komputer akuntansi program accurate
accounting diharapkan dapat membantu proses pembelajaran yang selama ini
dilakukan sehingga siswa memiliki keterampilan dan kemandirian belajar yang
tinggi.
Penelitian ini meruapakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi
antara guru dan peneliti yang bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan proses
pembelajaran dengan menggunakan media aplikasi komputer akuntansi program
accurate accounting untuk meningkatkan keterampilan dan kemandirian siswa
kelas XI IPS 2 MAN Jember 1 pada mata pelajaran akuntansi standar kompetensi
siklus akuntansi perusahaan jasa semester genap tahun pelajaran 2011/2012. 2)
Meningkatkan keterampilan siswa kelas XI IPS 2 MAN Jember 1 melalui
penggunaan media aplikasi komputer akuntansi program accurate accounting
pada mata pelajaran akuntansi standar kompetensi siklus akuntansi perusahaan
jasa semester genap tahun pelajaran 2011/2012. 3) Meningkatkan kemandirian
belajar kelas siswa XI IPS 2 MAN Jember 1 melalui penggunaan media aplikasi
komputer akuntansi program accurate accounting pada mata pelajaran akuntansi
standar kompetensi siklus akuntansi perusahaan jasa semester genap tahun
pelajaran 2011/2012.
Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS 2 MAN Jember 1. Penelitian ini
dilaksanakan dengan 2 siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yaitu
observasi, wawancara, dan dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis data
deskriptif kualitatif yaitu memaparkan data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan
tindakan.
Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan keterampilan, yang
dapat dilihat dari hasil observasi pada siklus I, diketahui skor rata-rata
keterampilan belajar sebesar 2,95 (kategori sedang) dan mengalami peningkatan
pada siklus II sebesar 3,4 (kategori tinggi). Hasil tugas siswa yang diperoleh
dari pekerjaan siswa menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata tugas
siswa sebesar 64,5 (kategori cukup). Sedangkan, nilai rata-rata tugas siswa
pada siklus II sebesar 79,5 (kategori baik). Kemandirian belajar siswa pada
siklus I sebesar 3,05 (kategori tinggi) dan pada siklus II kemandirian belajar
siswa meningkat sebesar 0,49 menjadi 3,52 (kategori tinggi). Hasil penelitian ini
menunjukkan dengan penggunaan media aplikasi komputer akuntansi program
accurate accounting dapat meningkatkan keterampilan dan kemandirian
belajar siswa. Peneliti menyarankan kepada guru akuntansi MAN Jember 1
bahwa, media aplikasi komputer akuntansi program accurate accounting dapat
dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran, yang dapat digunakan untuk
meningkatkan keterampilan dan kemandirian belajar siswa terhadap suatu materi
yang diajarkan. | en_US |