Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar
Abstract
ktivitas belajar siswa merupakan salah satu indikator keber
hasilan
penerapan suatu model pembelajaran. Aktivitas siswa dalam mengikuti pelajaran
Ekonomi di SMA Negeri Ambulu Nampak masih kurang aktif. Hal ini ditunjukkan
dengan sedikitnya jumlah siswa yang bertanya dan
menjawab pertanyaan setiap kali
kegiatan belajar mengajar berlangsung. Hal lain yang menjadi permasalahan di
sekolah tersebut . Kondisi terse
but khususnya terjadi pada kelas X 3. Realita di atas
menunjukkan adanya kebutuhan untuk mencari solusi guna memecahkan masalah
yang terjadi. Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan merubah model
pembelajaran dari model konvensional ke model talking stick yang bertujuan untuk
meningkatkan aktivitas belajar siswa dari pasif ke aktif
Model
Talking stick merupakan model pembelajaran yang menggukan
konsep permainan saat melakukan pembelajaran sehingga guru mampu menciptakan
suasana
yang menyenangkan, menggairahkan dan mendorong siswa untuk berani
mengajukan pendapat
. Dengan demikian model Talking stick sebagai salah satu
pembaharuan pembelajaran, menyajikan pe
mbelajaran yang menyenang kan dan
untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif. Ha
l ini termasuk cara merancang
pembelajaran, menyampaikan bahan pembelajaran, dan menyederhanakan proses
belajar sehingga memudahkan proses belajar siswa. Tujuan pokok pembelajaran
talking stick
yaitu meningkatkan partisipasi siswa dalam proses belajar mengajar
yang dapat berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk
meningkatkan aktivitas
siswa kelas X 3 SMA Negeri Ambulu tahun pelajaran
201
2/2013. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif
kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing
-masing siklus terdiri
dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan
data yang digunakan adalah metode observasi,
metode wawancara, dan metode
dokumentasi.
Berdasarkan
hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan model
Talking stick
dapat meningkatkan ativitas belajar siswa. peningkatan aktivitas belajar
siswa dapat diketahui dari
hasil observasi yang dilakukan pada saat pembelajaran
ekonomi berlangsung jumlah aktivitas siwa siklus I sebesar 68,20% sedangkan pada
siklus II mengalami peningkatan menjadi sebesar
73,33% lebih tinggi bila
dibandingkan siklus I, aktivitas belajar siswa siklus II termasuk katagori aktif.