dc.description.abstract | Berdasarkan hasil penelitian bahwa kegiatan circle time yang dilakukan
di TK Dharma Indria I sangat membutuhkan peran dari guru kelas dalam melatih
keterampilan sosial anak. Peran guru yang mendapatkan skor 5 (dilakukan guru
dengan sangat baik) hampir di setiap pertemuan. Peran guru yang dilakukan di
TK Dharma Indria I yakni sebagai perencana, pelaksana dan evaluator. Dalam
menjelaskan peran guru sebagai perencana, guru melakukan persiapan berupa
perangkat pembelajaran, mempersiapkan media pembelajaran, serta
mempersiapkan ruangan belajar. Peran guru sebagai pelaksana, guru
mengkondisikan anak, mengajak anak bernyanyi, berdoa, guru juga melakukan
tanya jawab seputar pembelajaran yang akan mereka bahas hari tersebut,
membentuk kelompok-kelompok kecil, mencontohkan kegiatan yang harus
dilakukan anak. Guru sebagai evaluator, guru melakukan penilaian kepada anak
dengan berupa catatan anekdot tentang keterampilan apa saja yang muncul, guru
melakukan recalling, kadang guru memberikan apresiasi kepada anak-anak yang
berperilaku baik. | en_US |