• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Teknik Think Pair Share (TPS) UntukMeningkatkan Minat Belajar Siswa

    Thumbnail
    View/Open
    AHMAD SYAHLAN - 070210301098 (2)_1.pdf (1.541Mb)
    Date
    2013-12-12
    Author
    hmad Syahl an Fathony
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Minat merupakan suatu rasa lebih suka dari ketert arikan pada aktivitas, tanpa ada yang menyuruh. Minat belajar siswa dalam mengikuti pelajaran ekonomi di SM P Negeri 5 Tanggul-Jember nampak masih kurang. Hal ini ditunjukkan dengan sedikitnya rasa suka siswa terhadap pelajaran, partisipasi siswa dalam proses belajar mengajar, perhatian siswa selama pelajaran berlangsung, dan ketekunan belajar siswa . Realita di atas menunjukkan adanya kebutuhan untuk mencari solusi guna memecahkan masalah yang terjadi. Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan merubah model pembelajaran dari model konvensional ke model pembelajaran teknik Think Pair Share yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dari rendah menjadi tinggi. Model pembelajaran teknik Think Pair Share merupakan salah satu model pembel ajaran kooperatif sederhana. Teknik ini memberi kesempatan pada siswa untuk bekerja sendiri serta bekerja sama dengan orang lain . Teknik yang memungkinkan hanya satu siswa maju dan membagikan hasilnya untuk seluruh kelas, ternik ini memberikan kesempatan s edikitnya delapan kali lebih banyak kepada setiap siswa untuk dikenali dan menunjukkan partisipasi mereka kepada orang lain. Tujuan pokok model pembelajaran teknik Think Pair Share yaitu meningkatkan partisipasi siswa dalam proses belajar mengajar yang dap at berpengaruh terhadap minat belajar belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VIIIB SMP Negeri 5 Tanggul-Jember tahun pela jaran 2012/2013. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran teknik Think Pair Share dapat meningkatkan minat belajar siswa. peningkatan minat belajar siswa dapat diketahui dari hasil observasi yang dilakukan pada saat pembelajaran ekonomi berlangsung dimana jumlah skor rata-rata minat belajar siwa siklus I sebesar 2,89 sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 3,48 lebih tinggi bila dibandingkan pada siklus I, minat belajar siswa pada si klus II termasuk katagori tinggi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8707
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository