Penerapan Model Pembelajaran Teknik Think Pair Share (TPS) UntukMeningkatkan Minat Belajar Siswa
Abstract
Minat merupakan suatu rasa lebih suka dari ketert
arikan pada aktivitas,
tanpa ada yang menyuruh. Minat belajar siswa dalam mengikuti pelajaran ekonomi
di SM
P Negeri 5 Tanggul-Jember nampak masih kurang. Hal ini ditunjukkan dengan
sedikitnya rasa suka siswa terhadap pelajaran, partisipasi siswa dalam proses belajar
mengajar, perhatian siswa selama pelajaran berlangsung, dan ketekunan belajar
siswa
. Realita di atas menunjukkan adanya kebutuhan untuk mencari solusi guna
memecahkan masalah yang terjadi. Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah
dengan merubah model pembelajaran dari model konvensional ke model
pembelajaran teknik
Think Pair Share yang bertujuan untuk meningkatkan minat
belajar siswa dari
rendah menjadi tinggi.
Model pembelajaran teknik Think Pair Share merupakan salah satu model
pembel
ajaran kooperatif sederhana. Teknik ini memberi kesempatan pada siswa
untuk bekerja sendiri serta bekerja sama dengan orang lain
. Teknik yang
memungkinkan hanya satu siswa maju dan membagikan hasilnya untuk seluruh kelas,
ternik ini memberikan kesempatan s
edikitnya delapan kali lebih banyak kepada setiap
siswa untuk dikenali dan menunjukkan partisipasi mereka kepada orang lain.
Tujuan
pokok
model pembelajaran teknik Think Pair Share yaitu meningkatkan partisipasi
siswa dalam proses belajar mengajar yang dap
at berpengaruh terhadap minat belajar
belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk
meningkatkan
minat belajar siswa kelas VIIIB SMP Negeri 5 Tanggul-Jember tahun
pela
jaran 2012/2013. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan
deskriptif
kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing
siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi,
metode wawancara, dan
metode dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan
model
pembelajaran teknik
Think Pair Share dapat meningkatkan minat belajar siswa.
peningkatan
minat belajar siswa dapat diketahui dari hasil observasi yang dilakukan
pada saat pembelajaran ekonomi berlangsung dimana jumlah skor rata-rata minat
belajar
siwa siklus I sebesar 2,89 sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan
menjadi 3,48 lebih tinggi bila dibandingkan pada siklus I, minat belajar siswa pada
si
klus II termasuk katagori tinggi.