Konsepsi Alternatif Siswa Smk Tentang Rangkaian Listrik Sederhana Dalam Pembelajaran Fisika
Abstract
Berdasarkan pengalaman dan pengamatan sehari-hari siswa, siswa memiliki konsepsi mereka sendiri pada mata pelajaran fisika yang berbeda-beda. Sebenarnya dalam pemikiran siswa sudah terdapat konsepsi-konsepsi fisika tentang berbagai hal, namun ada kalanya konsepsi itu belum terkoordinasi dengan baik. Linuwih (2013) menyatakan bahwa konsepsi yang belum sesuai dengan konsepsi ilmiah ini selanjutnya disebut dengan konsepsi alternatif. Fisika pada jenjang SMK sangat dekat kaitannya dengan dunia teknik, dimana konsep yang dimiliki oleh siswa akan dipakai ketika diterapkan dalam kenyataan sesuai bidangnya. Rangkaian listrik merupakan salah satu pokok bahasan yang diajarkan di SMK pada pembelajaran fisika, pada penerapannya guru menggunakan pembelajaran konvensional. Pada proses pengajaran di SMK diperlukan data pendukung untuk membantu guru dalam perubahan konseptual siswa secara lebih tepat dan efektif dengan alokasi waktu pada pembelajaran fisika di SMK. Oleh sebab itu perlu adanya suatu pengukuran konsepsi alternatif untuk siswa SMK sehingga dapat memudahkan guru dalam menentukan pembelajaran yang sesuai dengan konsepsi alternatif yang dimiliki oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji keberadaaan letak konsepsi alternatif siswa SMK tentang rangkaian listrik sederhana. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Jember pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, dokumentasi, angket, dan wawancara. Instrumen tes adalah dua puluh soal pilihan ganda dua tahap tentang rangkaian listrik sederhana.