• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Disertai Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Materi Peristiwa Alam Di Sekolah Dasar

    Thumbnail
    View/Open
    Vida Septiasari - 140210204020.pdf Sdh.pdf (6.226Mb)
    Date
    2018-08-15
    Author
    Septiasari, Vida
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran IPA dapat diberikan melalui pengalaman nyata yang dekat dengan kehidupan siswa, sehingga siswa memiliki pemahaman yang lebih mendalam terhadap suatu konsep. Pada kenyataannya, masih banyak siswa yang menganggap sulit mata pelajaran IPA dan hasil belajar yang diperoleh kurang dari kriteria ketuntasan minimum (KKM). Lemahnya pelaksanaan pembelajaran IPA adalah penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mempengaruhi hasil belajar IPA, salah satunya dengan memperbaiki pelaksanaan pembelajaran IPA melalui penggunaan berbagai model atau media pembelajaran. Banyak diantara model dan media pembelajaran yang dapat diterapkan pada pembelajaran IPA, salah satunya adalah model pembelajaran Problem Based Learning disertai media puzzle. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “adakah pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning disertai media puzzle terhadap hasil belajar materi peristiwa alam di sekolah dasar?”. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning disertai media puzzle terhadap hasil belajar materi peristiwa alam di sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tegal Gede 01 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pola Pretest Posttest Control Group Design. Responden penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V semester genap SDN Tegal Gede 01 Jember tahun pelajaran 2017/2018.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87057
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository