Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Disertai Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Materi Peristiwa Alam Di Sekolah Dasar
Abstract
Pembelajaran IPA dapat diberikan melalui pengalaman nyata yang dekat dengan kehidupan siswa, sehingga siswa memiliki pemahaman yang lebih mendalam terhadap suatu konsep. Pada kenyataannya, masih banyak siswa yang menganggap sulit mata pelajaran IPA dan hasil belajar yang diperoleh kurang dari kriteria ketuntasan minimum (KKM). Lemahnya pelaksanaan pembelajaran IPA adalah penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mempengaruhi hasil belajar IPA, salah satunya dengan memperbaiki pelaksanaan pembelajaran IPA melalui penggunaan berbagai model atau media pembelajaran. Banyak diantara model dan media pembelajaran yang dapat diterapkan pada pembelajaran IPA, salah satunya adalah model pembelajaran Problem Based Learning disertai media puzzle. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “adakah pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning disertai media puzzle terhadap hasil belajar materi peristiwa alam di sekolah dasar?”. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning disertai media puzzle terhadap hasil belajar materi peristiwa alam di sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tegal Gede 01 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pola Pretest Posttest Control Group Design. Responden penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V semester genap SDN Tegal Gede 01 Jember tahun pelajaran 2017/2018.