dc.description.abstract | Rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan sebuah rencana pembelajaran yang dibuat oleh guru dari awal hingga akhir pembelajaran untuk mencapai tujuan tertentu. Proses pembelajaran akan berjalan dengan baik apabila guru benar-benar mengetahui tujuan pembelajaran yang sebelumnya sudah direncanakan. Jadi, semakin baik perencanaan pembelajaran yang dikembangkan, maka semakin baik pula proses pelaksanaan pembelajaran. Pada kenyataannya dilapangan masih banyak ditemukan dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran guru melakukan copy paste dari dokumen lama ataupun buku referensi RPP lain yang belum tentu sesuai dengan kondisi setempat sehingga, hasil pembelajaran yang akan diperoleh hanya sekedarnya saja atau tidak maksimal. Mata pelajaran bahasa Indonesia adalah salah satu mata pelajaran yang mengacu pada empat ketrampilan berbahasa yang wajib diberikan dalam satuan pendidikan, yakni mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Keempat ketrampilan tersebut merupakan proses imteraksi atau penyampaian gagasan atau informasi dari seseorang kepada orang lain. Pemilihan keterampilan menulis pada penelitian ini berkenaan langsung dengan kompetensi yang sangat diperlukan dalam kehidupan kita. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “bagaimanakah hasil analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bahasa Indonesia ketrampilan menulis kelas II, IV, V, dan VI di SDN 4 Kalibaruwetan tahun pelajaran 2017/2018. | en_US |