dc.description.abstract | Pembelajaran IPA atau sains, peserta didik dituntut untuk terlibat secara fisik maupun mental. Pemberian pengalaman secara langsung pada peserta didik dalam pembelajaran IPA sangat penting untuk mengembangkan kompetensi peserta didik sehingga peserta didik dapat mengeksplor pengetahuannya dan dapat memahami lingkugan sekitarnya. Pembelajaran bermakna merupakan suatu proses mengkaitkan informasi baru pada konsep-konsep yang relevan, untuk itu membuat pembelajaran menjadi bermakna maka harus didukung oleh media pembelajaran yang dapat merangsang dan mengaktifkan peserta didik, oleh karena itu dibutuhkan bahan ajar yang dapat membantu peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Bahan ajar yang dapat mendukung keberhasilan proses belajar mengajar di kelas salah satunya adalah Lembar Kerja Siswa (LKS). LKS tersebut juga menyajikan konsep sains,teknologi, teknik dan matematik yang terintegrasi dan berkaitan langsung dengan kehidupan sehari–hari. Dengan adanya LKS berbasis STEM ini diharapkan dapat melatih peserta didik untuk bisa memecahkan masalah, berfikir kritis, inovatif, sehingga peserta didik dapat lebih memahami dan mengerti konsep yang sudah didapat. Multirepresentasi dapat membantu peserta didik dalam mempelajari dan membangun suatu konsep dan mengatasi permasalahan, membantu dan memecahkan masalah, serta membantu untuk menyikapi masalah terutama yang berkaitan dengan aplikasi pelajaran IPA yang berhubungan dengan sains dan masyarakat. Adapun tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis kelayakan isi, kelayakan kebahasaan, kelayakan penyajian, dan kelayakan kegrafikaan LKS materi kemagnetan berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan multirepresentasi siswa SMP, (2) untuk menganalisis keefektifan LKS materi kemagnetan berbasis STEM . | en_US |