• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Energi Siswa SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Mohammad Abdul Azis - 140210102103.pdf Sdh.pdf (3.733Mb)
    Date
    2018-08-14
    Author
    Azis, Mohammad Abdul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada era globalisasi seperti saat ini, Indonesia harus mampu memiliki pelajar dengan lulusan yang memiliki kemampuan abad 21 yaitu mampu berpikir kritis dan kreatif dalam bidang literasi, teknik, sains, seni, dan matematika. Keempat bidang ini dapat membantu mendorong kemajuan bangsa. Karena itu, pada hakikatnya upaya pendidikan merupakan investasi suatu bangsa untuk kemajuan bangsa melalui pembangunan yang berkelanjutan. Lebih lanjut dijelaskan keterampilan abad 21 ini muncul dari sebuah asumsi bahwa saat ini individu hidup dan tinggal dalam lingkungan yang sarat akan teknologi, dimana terdapat berlimpah informasi, percepatan kemajuan teknologi yang sangat tinggi dan pola komunikasi dan kolaborasi yang baru. Pembelajaran di sekolah menuntuk siswa mampu memiliki kemampuan literasi yang baik, lebih lanjut pada kemampuan literasi energi. Literasi didefinisikan sebagai kemampuan yang meliputi komponen kognitif dan sosial, yakni kemampuan untuk mengidentifikasi, memahami, menafsirkan, membuat, berkomunikasi dan menghitung, menggunakan bahan cetak dan tertulis terkait dengan berbagai konteks yang memungkinkan individu untuk berpartisipasi penuh dalam masyarakat yang lebih luas. Literasi energi mencakup lebih dari hanya pengetahuan konten, tetapi juga termasuk pemahaman kewarganegaraan mengenai energi yang mencakup aspek perilaku. Jadi, literasi energi mencakup tidak hanya aspek pengetahuan saja, namun juga bagaimana menggunakan pengetahuan tersebut untuk mengambil sikap dan berperilaku terkait dengan energi. Oleh karena itu perlu dikembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk meningkatkan kemampuan literasi energi siswa dalam pembelajaran fisika.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87037
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository