dc.description.abstract | Mata pelajaran PPKn adalah mata pelajaran yang di dalamanya di ajarkan tentang nilai-nilai dan norma-norma yang digunakan didalam masyarakat. Hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di kelas IV A SDN Sumbersari 01 Jember pada tanggal 23 Oktober 2017,menunjukkan bahwa sejauh ini guru sudah menerapkan model pembelajaran kooperatif, akan tetapi masih belum optimal. Metode pembelajaran yang digunakan guru antara lain ceramah, diskusi, Tanya jawab, dan penugasan. Penggunaan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru diharapakan dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar, namun kenyataannya guru lebih mendominasi kegiatan pembelajaran. Salah satu model yang melibatkan siswa dalam pembelajaran adalah model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay- Two Stray (TS-TS). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS berbantuan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV tema Pahlawanku pada SDN Sumbersari 01 Jember tahun pelajaran 2017/2018 , dengan tujuan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Sumbersari 01 Jember tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian dilaksanakan di SDN Sumbersari 01 Jember. Waktu pelaksanaan penelitian adalah semester gasal tahun pelajaran 2017/2018 pada tema Pahlawanku Subtema Perjuangan Para Pahlawan pembelajaran 2. Subjek penelitian siswa kelas IV A SDN Sumbersari 01 Jember yang berjumlah 35 siswa. | en_US |